Jum'at, 20/09/2024 11:11 WIB

Nasi Sela, Kuliner Khas Karangasem yang Sarat Sejarah

Pada era 1970-an, Nasi Sela merupakan makanan pokok masyarakat Kabupaten Karangasem.

Nasi Sela khas Karangasem (Foto: Doknet)

Balimemo.com - Tak banyak orang tahu bahwa Karangasem memiliki kuliner legendaris yang sarat sejarah, yaitu Nasi Sela. Makan ini terdiri dari campuran nasi putih dan potongan ubi berukuran kecil.

Pada era 1970-an, Nasi Sela merupakan makanan pokok masyarakat Kabupaten Karangasem. Pasalnya, saat itu beras tergolong langka di Bali. Sehingga, Nasi Sela dijadikan pilihan utama dengan tambahan gaplek dan makanan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Nasi Sela yang identik dengan makanan pertahanan masa krisis, berubah menjadi kuliner yang menggugah selera. Banyak wisatawan asing menyukai makanan ini karena dianggap lebih baik daripada nasi putih biasa.

Selain itu, Nasi Sela `zaman now` juga sudah mendapatkan sentuhan improvisasi. Nasi ini biasanya dicampur dengan sayur, udang, kacang tanah, sambal, dan ayam betutu yang disuwir.

Jika ingin mencoba variasi lainnya, Nasi Sela bisa dicampur sate kulit ayam, pindang tongkol, urap sayur kacang panjang dan mentimun, sambal matah, dan sambal teri.

Untuk mencoba kuliner yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Karangasem, kabupaten yang berada di wilayah paling timur Pulau Bali. Dari Bandara Ngurah Rai, kawasan ini berjarak 79 kilometer dan ditempuh dalam 2-2,5 jam perjalanan.

TAGS : Wisata Kuliner Nasi Sela Makanan Legendaris Kabupaten Karangasem




TERPOPULER :