Senin, 07/10/2024 23:28 WIB

Resmi Dibuka, Ini Jadwal Ubung Kaja Festival 2023

Kegiatan Ubung Kaja Festival memiliki serangkaian acara yang berlangsung selama tiga hari.

Pembukaan Ubung Kaja Festival 2023 (Foto: Dok. Pemkot Denpasar)

Balimemo.com - Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa resmi membuka gelaran Ubung Kaja Festival 2023 pada Kamis (6/7) kemarin di Lapangan Desa Adat Poh Gading, Denpasar. Pembukaan ditandai dengan penancapan kayonan.

Kegiatan yang digelar perdana ini dihadiri Anggota DPRD Provinsi Bali, Grace Anastasia Surya Widjadja, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, I Bagus Jagra Wibawa dan Agus Wirajaya.

Arya mengatakan Ubung Kaja Festival 2023 merupakan salah satu pemberdayaan masyarakat desa, sekaligus upaya berkelanjutan mewadahi kreativitas seni dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, melalui kegiatan ini kegiatan UMKM juga mendapatkan ruang untuk mempromosikan produknya, sehingga mampu meningkatkan perekonomian berkelanjutan di masyarakat.

Adapun tema `Taksu Uriping Bhuwana` yang diangkat dalam kegiatan ini sejalan dengan konsep pembangunan Kota Denpasar yang berlandaskan Vasudhaiva Kutumbakam yang bermakna `Kita semua bersaudara, menyama braya`.

"Melalui pelaksanaan Ubung Kaja Festival Tahun 2023 ini kami berharap menjadi momentum untuk menberikan edukasi dan membangun sinergitas dalam memberikan ruang kreatifitas seni, budaya, tradisi, hibiran dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan perekonomian berkelanjutan, sukses pelaksanaan Ubung Kaja Festival," kata Arya.

Ketua Panitia Ubung Kaja Festival, Angga Prasetya mengapresiasi panitia, peserta, serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

Terkait tema`Taksu Uriping Bhuwana`, dia menjelaskan `Taksu` berarti kekuatan suci Tuhan yang dapat membangkitkan dan meningkatkan daya kreativitas, intelegensia, dan intelektualitas seseorang. Sedangkan Uriping mengandung makna nyawa atau jiwa, serta Bhuwana berarti alam semesta.

"Taksu Uriping Bhuwana berarti Taksu sebagai jiwa dari semesta. dimana Pulau bali dikenal sebagai pulau dengan keberagaman budaya yang terkandung di dalamnya Dengan taksu sebagai jiwa," jelas Angga.

Kegiatan Ubung Kaja Festival memiliki serangkaian acara yang berlangsung selama tiga hari. Pada 6 Juli 2023 diisi acara pembukaan dan hari pertama Parade Baleganjur. Dilanjutkan pada 7 Juli 2023 untuk lomba mewarnai, lomba busana adat dan Parade Baleganjur, serta penutupan pada 8 Juli 2023 yang akan menampilkan bintang tamu sebagai acara hiburan.

Adapun pelaksanaan Parade Baleganjur diikuti oleh 18 banjar, yang akan dibagi menjadi dua sesi tampil yaitu pada 6 dan 7 Juli 2023. Adapun jumlah peserta lomba mewarnai sejumlah 31 orang, lomba busana adat 13 pasang.

TAGS : Ubung Kaja Festival 2023 Bali Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa




TERPOPULER :