Jum'at, 20/09/2024 14:42 WIB

Pemkab Karangasem Kian Serius Wujudkan Smart City

Hal ini ditunjukkan dengan digelarnya bimbingan teknis (bimtek) penyusunan master plan smart city tahap kedua

Kantor Pemerintah Kabupaten Karangasem (Foto: Doknet)

Balimemo.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem kian serius mewujudkan kota pintar (smart city). Hal ini ditunjukkan dengan digelarnya bimbingan teknis (bimtek) penyusunan master plan smart city tahap kedua, oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karangasem pada Senin (24/7) kemarin.

Kegiatan yang berlangsung dua hari hingga Selasa (25/7) ini dibuka oleh Sekretaris Daerah, I Ketut Sedana Merta, didampingi Plt. Kepala Diskominfo Karangasem, I Komang Agus Sukasena, serta dihadiri oleh Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Karangasem. Sementara itu, para perbekel hadir secara daring.

Sedana Merta dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap seluruh peserta Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City aktif memberikan masukan yang diperlukan.

"Sehingga, penyusunan Master Plan Smart City dapat terselesaikan secara optimal dan berkualitas untuk mewujudkan Karangasem Smart City," terang Sedana dilansir dari laman resmi Pemkab Karangasem.

Perwakilan Tim Pembimbing Smart City Karangasem, Prof. Dr. Dyah Mutiarin menyebut dari hasil bimtek pertama telah dihasilkan draf buku I, yang terdiri dari Bab I Analisis Kondisi Masa Depan, Bab II Analisis Kesiapan Daerah, Bab III Analisis Gap Strategi Pembangunan Smart City, Bab IV Analisis Visi Pembangunan Smart City.

Saat ini, lanjut Dyah, terdapat tiga hal penting yang diperlukan, yakni terciptanya sinkronisasi untuk menyamakan pemahaman visi, misi, dan mempertemukan kepentingan yang berbeda dari setiap pihak, serta menumbuhkan rasa kepemilikan (sense of belonging) atas rencana pembangunan Smart City yang diinisiasi.

"Pembangunan Smart City merupakan usaha yang kontinu, bertahap, dan bersifat multi sektoral oleh karena itu diperlukan sebuah perencanaan yang baik dan terintegrasi sebagai Masterplan Smart City," tutup dia.

TAGS : Smart City Pemkab Karangasem Bimbingan Teknis




TERPOPULER :