Kamis, 19/09/2024 08:40 WIB

Bali Masuk Daftar Etape WCCN Grand Tour Series 2023

Bali masuk dalam daftar etape untuk ajang Women`s Cycling Community Nusantara (WCCN) Grand Tour Series 2023

Konferensi pers WCCN 2023 (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Balimemo.com - Bali masuk dalam daftar etape untuk ajang Women`s Cycling Community Nusantara (WCCN) Grand Tour Series 2023, yang bakal berlangsung di empat kota, termasuk Jakarta, Bandung, dan Magelang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, WCCN Grand Tour Series 2023 bertujuan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaprekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Ini sangat kami apresiasi, karena acara ini akan kick off di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 30 Juli 2023, lalu juga Bandung pada Agustus, Bali pada September, dan Borobudur pada Oktober," kata Sandiaga dalam siaran pers pada Senin (24/7) kemarin.

Penyelenggaraan WCCN Grand Tour Series merupakan rangkaian tur sepeda bersama anggota komunitas dan masyarakat, guna menjelajahi destinasi pariwisata Indonesia.

Tahun ini, WCCN Grand Tour Series akan dilaksanakan di empat kota dengan konsep bersepeda selama dua hari di masing-masing kota. Target peserta secara keseluruhan ialah 800-1.000 pesepeda.

Menparekraf berharap jumlah destinasi kota WCCN tahun depan meningkat, yakni dengan memasukkan Labuan Bajo dan Likupang dalam perhelatan series selanjutnya.

"Mungkin tahun depan grand tour-nya include Labuan Bajo dan kita coba fasilitasi dengan Injourney dan sebagainya," terang Sandi.

Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, mengatakan kegiatan ini mengamplifikasi program Kemenparekraf mengenai sport tourism yang sedang digalakkan. Juga, salah satu tren global tourism ialah masyarakat kembali peduli terhadap kesehatan.

"Menurut data statistik di dunia ini lebih banyak perempuan dan Indonesia sendiri penduduknya didominasi oleh perempuan. Dan andai kata teman-teman perempuan mengikuti sport tourism seperti ini berapa jersey yang dibeli, sepeda, hingga kaos, ikat kepala, dan lain-lain yang tentu akan menciptakan lapangan kerja dan kesempatan kerja yang luar biasa," ujar Vinsen.

Sementara itu, Founder Women’s Cycling Community Nusantara Komisi Wanita Sepeda PB ISSI Tabitha Sumendap mengatakan, sejak pandemi minat masyarakat untuk berolahraga terutama kalangan perempuan naik hingga 1.000 persen.

"Kami sebagai komunitas berharap perempuan-perempuan Indonesia semakin sehat, terus bergerak. Dan juga menggunakan sarana transportasi sepeda ini enggak cuma sebagai hobi atau olahraga, hopefully untuk menjadi sarana transportasi sehari-hari," tutup Tabitha.

TAGS : WCCN 2023 Bali Menparekraf Sandiaga Uno




TERPOPULER :