Selasa, 17/09/2024 03:27 WIB

Pro-Kontra Lift Kaca Pantai Kelingking, Menparekraf Titip Pesan

Sandiaga Uno menyoroti proyek lift kaca tertinggi di Pantai Kelingking, Nusa Penida, yang menuai pro dan kontra di kalangan warganet.

Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Ist)

Balimemo.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyoroti proyek lift kaca tertinggi di Pantai Kelingking, Nusa Penida, yang menuai pro dan kontra di kalangan warganet.

Menurut Sandi, Dinas Pariwisata Bali harus memastikan aspek keberlanjutan, kebersihan, dan kesehatan. Dan yang terpenting, faktor keselamatan dan keamanan tetap menjadi nomor satu.

"Kita titipkan kepada pak Kadis dan jajaran di sana agar semua aspek keberlanjutan lingkungan, keselamatan, kebersihan, kesehatan, semua aspek ini dijaga," kata Sandi dalam konferensi pers di Kantor Kemenparekraf pada Senin (24/7) kemarin.

"Karena kita sangat mengandalkan Bali untuk 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara," imbuh dia.

Peletakan baru pertama (groundbreaking) lift kaca Pantai Kelingking sudah dilakukan pada awal Juli lalu. Nantinya, lift `Glass Viewing Platform` tersebut akan dibangun setinggi 182 meter.

Sandi mewanti-wanti agar pembangunan obyek wisata itu tetap mengutamakan kearifan lokal, serta tidak mengganggu keindahan alam. Apalagi, Pantai Kelingking merupakan tujuan favorit wisatawan asing dan lokal.


"Beberapa masukan yang disampaikan kepada kita adalah pelibatan kearifan lokal dalam desainnya, tapi tentunya juga aspek keselamatannya juga diperhatikan," tegas dia.

Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun dalam kesempatan yang sama memastikan bahwa dalam proyek itu ada kontrak yang dapat menjamin keamanan wisatawan.

"Secara teknis dan perencanaannya harus disetujui dengan kontrak sehingga bisa menjamin keamanan dan keselamatan wisatawan," ujar Kadispar Bali.

TAGS : Dinas Pariwisata Bali Lift Kaca Pantai Kelingking Menparekraf Sandiaga Uno




TERPOPULER :