Jum'at, 20/09/2024 09:46 WIB

Bunga Gumitir Tercecer di Jalan, Warga Berebutan

Sejumlah warga yang sedang memperebutkan bunga gumitir di tengah jalan beredar di media sosial

Bunga gumitir berceceran di jalan (Foto: akun @badungpunyacerita)

Balimemo.com - Sejumlah warga yang sedang memperebutkan bunga gumitir di tengah jalan beredar di media sosial. Video ini diunggah oleh akun @badungpunyacerita pada Selasa (25/7).

Akun itu menulis bahwa warga berebut karena harga bunga gumitir saat ini sedang melonjak. Kisarannya hingga Rp50 ribu per kilogram. Namun, belum diketahui lokasi video itu diambil.

"Gegara jalan rusak bunga gumitir berjatuhan dari kendaraan pengangkut, sontak bunga yang berceceran dipungut oleh ibu ibu mengingat harga bunga mitir sedang mahal," tulis akun @badungpunyacerita.

Diketahui, bunga gumitir yang berwarna kuning cerah merupakan tanaman hias yang biasanya ditanam di dalam pot. Bagi pemeluk agama Hindu, bunga ini digunakan untuk persembahan, baik sembahyang sehari-hari maupun upacara adat.

Oleh karena itu, kebutuhan bunga gumitir di Bali sangat tinggi, bahkan mencapai 40 ton per hari atau 15.000 per tahun. Setiap keluarga, setidaknya membutuhkan seperempat kilogram per hari untuk kebutuhan sembahyang.

Rata-rata bunga gumitir dipasarkan dengan harga antara Rp5.000-40.000 per kilogram. Harga jual tergantung dari kualitas, mulai dari kecil, biasa, besar, super, dan jumbo.

TAGS : Bunga Gumitir Upacara Adat Video Viral




TERPOPULER :