Selasa, 17/09/2024 03:56 WIB

Luhut Dukung Retribusi Turis Asing di Bali: Jangan Dipolitisasi

Luhut Binsar Pandjaitan tak mempermasalahkan kebijakan penarikan retribusi untuk wisatawan asing di Bali.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Dok. Kemenko Marves)

Balimemo.com - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan tak mempermasalahkan kebijakan penarikan retribusi untuk wisatawan asing di Bali.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Bali sah-sah saja melakukan penarikan tersebut, guna melindungi lingkungan dan budaya Bali. Karena itu, pemerintah pusat mendukung kebijakan tersebut.

"Saya kira tidak masalah, sah," kata Luhut usai menghadiri penandatanganan MoU program Happy Energy Action Leadership (HEAL) pada Selasa (25/7) kemarin di Denpasar.

"Yang penting jangan dipolitisasi," imbuh dia singkat.

Diketahui, pemungutan retribusi bagi turis asing akan berlaku mulai Februari 2024 mendatang. Gubernur Bali, I Wayan Koster mengatakan, pemerintah provinsi berencana melakukan sosialisasi kebijakan tersebut pada September 2023.

"Kan menunggu diundangkan Kemendagri dahulu baru akan disosialisasikan. Kira-kira sosialisasi bulan September nanti," ujar Koster dalam kesempatan yang sama.

Koster memastikan bahwa retribusi tersebut akan dikenakan kepada turis asing yang berlibur ke Bali, dalam rangka perlindungan kebudayaan dan lingkungan alam Pulau Dewata.

TAGS : Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Retribusi Turis Asing I Wayan Koster




TERPOPULER :