Jum'at, 20/09/2024 09:56 WIB

LPPM Unud Beri Edukasi Pariwisata Pesisir di Karangasem

LPPM Universitas Udayana memberikan perhatian terhadap pariwisata pesisir pantai, melalui program Internasional Partnership and Community Development (Ipacoe).

Aksi bersih pantai yang dilakukan LPPM Universitas Udayana (Foto: Ist)

Balimemo.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) memberikan perhatian terhadap pariwisata pesisir pantai, melalui program Internasional Partnership and Community Development (Ipacoe).

Kali ini program bertajuk `Developing Eco-Tourism to Support Sustainable Development in Littoral Space` diselenggarakan di Kabupaten Karangasem, pada 28-29 Juli 2023 lalu, dengan menggandeng Emeritus selaku mitra internasional.

Quentin Cepheaux dari Emeritus memaparkan bahwa di era digital saat ini penting untuk memaksimalkan peran media digital guna menarik wisatawan. Sebab, website daerah wisata kini sudah tidak terlalu relevan lagi.

"Sebaliknya media sosial seperti Instagram, TikTok dan Youtube adalah sarana yang lebih dikenal luas dan lebih banyak diakses oleh wisatawan untuk memperoleh informasi mengenai daerah wisata yang akan dikunjungi," kata Quentin dalam siaran pers yang diterima Balimemo.com pada Senin (31/7).

Program Ipacoe juga dirangkai dengan kegiatan aksi bersih pantai di Pantai Tanah Ampo, Desa Ulakan, Karangasem. Kegiatan ini melibatkan 200 peserta yang terdiri dari warga Desa Ulakan, nelayan, perangkat desa, serta mahasiswa KKN PPM periode XXVII Universitas Udayana.

Kepala Desa Ulakan, Ketut Sunendra menyampaikan apresiasi untuk kegiatan bersih pantai yang diprakarsai Universitas Udayana. Dia berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan.

"Pantai Tanah Ampo adalah salah satu pantai di Desa Ulakan yang mengalami permasalahan sampah plastik kiriman setiap terjadi hujan besar dan banjir," terang Sunendra.

Sementara itu, Ketua LPPM Universitas Udayana, Nyoman Suarsana menuturkan, aksi bersih-bersih pantai bertujuan memberdayakan kehidupan pariwisata desa daerah pesisir yang ada di Kabupaten Karangasem, agar diminati wisatawan lokal dan mancanegara. Juga, menjaga lingkungan pesisir yang masih rawan masalah sampah.

"Pemilihan lokasi di Pantai Tanah Ampo adalah karena di pantai tersebut memiliki dermaga penyeberangan kapal, serta memiliki jarak yang cukup dekat dengan dermaga Pertamina di Pelabuhan Padang Bai," tutup Suarsana.

TAGS : Universitas Udayana LPPM Unud Wisata Pesisir Pemkab Karangasem




TERPOPULER :