Kamis, 19/09/2024 08:50 WIB

6 Makanan Khas Bali yang Wajib Banget Kamu Coba

Nasi campur atau yang biasa dikenal dengan nasi rames adalah nasi dengan berbagai lauk dan sayur.

Nasi campur khas Bali (Foto: Dok. Pemkot Denpasar)

Balimemo.com - Nama Bali sudah familiar di telinga wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, Bali juga memiliki makanan khas yang wajib Anda coba ketika berkenjung ke Pulau Dewata.

Berikut rekomendasi makanan khas yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Bali :

1. Nasi Campur Bali

Nasi campur atau yang biasa dikenal dengan nasi rames adalah nasi dengan berbagai lauk dan sayur. Nasi campur Bali biasanya disajikan dengan lauk seperti suwiran daging, urap, dan sate lilit. Selain itu biasanya di tambah dengan telur.

2. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan makanan khas Bali wajib dicoba ketika Anda berkunjung ke Bali. Ayam betutu berupa ayam yang dimasak dalam waktu lama dengan rempah beraneka ragam. hal ini menjadikan ayam betutu memiliki rasa yang khas karena kaya rempah.

3. Lawar

Lawar ialah makanan berupa lauk campuran sayur dan daging yang dimasak dengan bumbu khas Bali. Lawar pada dasarnya dibuat dengan daging babi, namun banyak juga lawar yang dibuat dengan daging ayam dan bebek. Jadi, boleh dikonsumsi seorangg Muslim

4. Sate Lilit

Sate lilit adalah makan khas bali yang cukup unik. Pasalnya makanan ini berasal dari daging yang dicincang terlebih dahulu, kemudian dililit ke tusukan dari batang daun serai. Sate lilit memiliki rasa yang gurih, pedas, dan manis. Sebab dimasak dengan campuran rempah-rempah.

5. Nasi Tepeng

Sekilas nasi tepeng mirip dengan nasi campur, namun nasi tepeng biasanya disajikan dengan nangka muda, ayam goreng, kacang panjang, atau telur dan dibungkus daun pisang. Tapi ada yang unik dalam persiapan dan penyajian nasinya. Nasi tepeng dibuat dengan santan dan bumbu-bumbu seperti kunyit, daun salam, serta garam. Saat akan disajikan, nasi tepeng akan disiram dengan bumbu khas dan parutan kelapa. Baru dilengkapi dengan lauk pauknya.

6. Tipat Blayag

Tipat blayag merupakan makanan khas Bali berupa ketupat yang dibuat menggunakan daun enau atau daun aren, lalu disajikan dengan urap, suwiran ayam, telur rebus, atau bahkan sate lilit. Lalu perpaduan ini disiram dengan kuah yang khas.

(Habib/Mg)

TAGS : Wisata Kuliner Jajanan Favorit Rekomendasi Makanan Bali




TERPOPULER :