Selasa, 17/09/2024 03:04 WIB

10 Minuman Khas Bali yang Sehat dan Menyegarkan

Minuman khas Bali bukan hanya menyegarkan, namun juga memiliki keunikan yang khas. Inilah 10 minuman khas Bali yang wajib dicoba:

Minuman kelapa (Foto: Unsplash/Justin Lim)

Balimemo.com – Selain menjajal keindahan alam, di Bali Anda juga dapat melakoni wisata kuliner. Ada beberapa minuman khas yang wajib kamu coba jika berkunjung ke ke Pulau Dewata.

Minuman khas Bali bukan hanya menyegarkan, namun juga memiliki keunikan yang khas. Inilah 10 minuman khas Bali yang wajib dicoba:

1. Es Kuwut
Es kuwut adalah minuman khas Bali yang terlihat seperti es campur. Dalam bahasa Bali, kuwut merupakan istilah untuk menyebut buah kelapa muda. Es Kuwut Bali terbuat dari bahan utama daging kelapa dengan perpaduan belewah dan biji selasih. Minuman ini cocok dengan cuaca panas.

2. Loloh
Dalam bahasa Bali, loloh berarti jamu. Sering disebut dengan istilah jamu khas Bali. Berbeda dengan jenis jamu yang biasanya, keunikan minuman ini ialah Anda bisa langsung merasakan empat rasa sekaligus, dari manis, asam, asin, hingga pedas. Semua rasa tersebut bercampur menjadi satu.

Adapun manfaat dari minuman ini adalah membantu menurunkan tekanan darah dan juga melancarkan pencernaan. Untuk ibu menyusui, minuman ini sangat baik untuk kesehatan.

3. Es Kelapa Kopyor
Es kelapa kopyor adalah minuman dari buah kelapa agak tua. Namun meski sudah agak tua, buah kelapa digunakan dari kelapa pilihan yang dagingnya terasa lembut. Daging buah kelapa ini biasanya dipadukan dengan sirup, es kopyor, agar-agar, dan tidak lupa dengan es batu sebagai pelepas dahaga.

4. Es Daluman
Es daluman atau lebih dikenal dengan es cincau. Daluman sendiri merupakan sebutan untuk cincau hijau. Dalam penyajiannya, es daluman menggunakan siraman gula merah, kuah santan, dan es.

Selain memiliki rasa yang nikmat, minuman ini juga memiliki khasiat, salah satu manfaat yang kamu dapatkan adalah sangat baik untuk pencernaan.

5. Arak Bali
Jika biasanya minuman beralkohol menggunakan bahan baku anggur untuk difermentasi, lain halnya dengan arak Bali. Minuman ini menggunakan bahan baku air kelapa yang diolah dengan disuling. Kandungan alkohol pada arak Bali cukup tinggi, jadi bisa memberikan efek mabuk.

6. Brem Bali
Brem Bali merupakan minuman hasil olahan dari ketan merah. Brem termasuk minuman sejenis anggur yang memiliki kandungan alkohol. Biasanya minuman ini digunakan dalam gelaran acara-acara tertentu di Bali.

Proses pembuatannya dengan menyimpan hasil kering dari beras ketan dan ragi selama enam hingga dua belas bulan. Biasanya dikemas dengan botol mungil.

7. Es Tambring
Es tambring ini merupakan campuran es kelapa muda dengan gula Jawa, telur ayam kampung putih dan juga asam Jawa. Perpaduan ini menghasilkan cita rasa yang gurih, asam, dan manis.

Siapa sangka minuman ini juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya sangat baik untuk mengobati panas dalam, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga melancarkan pencernaan.

8. Kopi Bali
Pada umumnya terlihat seperti kopi pada umumnya, namun kopi khas daerah tertentu ini memiliki sesuatu yang menonjol. Kopi Bali dikenal memiliki kualitas yang tinggi serta rasa yang pas di lidah. Hal yang membedakan pada proses pembuatannya yang masih tradisional yaitu dengan menggunakan kayu bakar. Kopi Bali ini merupakan produksi kopi olahan yang memiliki aroma khas.

9. Teh Jahe
Seperti namanya, minuman ini terbuat dari bahan utama teh dan jahe. Minuman ini cukup mudah dibuat, selain aroma teh yang nikmat, Anda akan mendapatkan jahe hangatnya yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Perpaduan antara keduanya menghasilkan rasa yang menyegarkan.

10. Es Bir
Meskipun memiliki nama bir, namun minuman ini tidak ada campuran alkohol sama sekali. Minuman ini terbuat dari bahan utama daging kelapa, campuran antara kelapa muda dan juga perasan jeruk nipis. Perpaduan sari air kelapa dan jeruk nipis menghasilkan rasa manis dan asam. Sajian es bir paling pas dinikmati pada cuaca panas terik.

(Syam/Mg)

TAGS : Wisata Kuliner Minuman Khas Arak Bali Es Kuwut




TERPOPULER :