Jum'at, 18/10/2024 19:21 WIB

Unik, di Buleleng Sampah Plastik Bisa Ditukar Ayam

Dinas PUTR membagikan 135 ekor ayam kepada tenaga drainase, sopir, satpam, dan tenaga kebersihan yang berhasil mengumpulkan sampah plastik.

Sampah plastik ditukarkan dengan ayam di Buleleng (Foto: Dok. Pemkab Buleleng)

Balimemo.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng memiliki program unik setiap enam bulan menjelang Hari Raya Galungan. Program itu bernama Ayam Plastik.

Pada Senin (31/7) kemarin, Dinas PUTR membagikan 135 ekor ayam kepada tenaga drainase, sopir, satpam, dan tenaga kebersihan yang berhasil mengumpulkan sampah plastik.

Kadis PUTR I Putu Adiptha Eka Putra menuturkan, program ini merupakan inovasi untuk mengurangi sampah plastik. Pegawai yang mengumpulkan sampah plastik, bisa ditukar dengan ayam merah.

"Setiap bulan akan ditimbang dan dijual ke pengepul yang dikoordinir oleh mandornya. Hasil penjualannya dikumpulkan dan dibelikan ayam merah menjelang Hari Raya Galungan ini," kata Adiptha dilansir dari laman Pemkab Buleleng pada Selasa (1/8).

Kadis Adiptha menyebut rata-rata pegawai drainase bise mengumpulkan sampah plastik kurang lebih 200 kg atau senilai kurang lebih 1 juta rupiah perbulan.

"Ini sangat simpel sebetulnya, namun saat momen hari raya sangat berarti bagi pegawai kami," ujar dia.

Dia menambahkan, program ayam plastik ini telah tercatat sebagai inovasi pada Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, yang sejak dua tahun lalu telah berjalan.

"Program ayam plastik ini sebagai kegiatan internal," imbuh dia.

Ke depan, dia berharap program ayam plastik ini tidak hanya dilakukan oleh pegawai drainase maupun petugas lapangan, namun bisa menyasar seluruh pegawai dengan mengumpulkan sampah plastik di rumah masing-masing.

"Selain menjaga kebersihan mengurangi beban sampah daerah juga berdampak positif buat masyarakat. Sampah ini akan memiliki nilai untuk membantu ekonomi keluarga," tutup Adiptha.

TAGS : Pemkab Buleleng Program Ayam Plastik Hari Raya Galungan




TERPOPULER :