Jum'at, 18/10/2024 15:06 WIB

Nanda, Terapis Asal Jembrana yang Kini Sukses di Slovakia

Perempuan asal Jembrana yang melakoni profesi sebagai terapis profesional itu kini sukses berkarir di Slovakia.

Terapis profesional asal Jembrana, Ni Sayu Kadek Nanda Dewi (Foto: Dok. Ditjen Vokasi)

Balimemo.com - Menjadi seorang terapis spa tidak pernah disesali oleh Ni Sayu Kadek Nanda Dewi. Malah, perempuan asal Jembrana, Bali itu kini sukses berkarir di Slovakia.

Nanda merupakan lulusan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Ashter. Melalui program ini, dia menjadi terapis profesional hingga meniti karir ke Kota Dunajska Streda, Slovakia.

"Ketika kursus di LKP Asther saya mendapatkan materi balinese massage dan di sini pijat tersebut menjadi favorit," kata Nanda dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi beberapa waktu lalu.

Balinese massage, lanjut Nanda, menjadi favorit para konsumen karena memberikan efek relaksasi. Apalagi, di Slovakia banyak pekerja yang membutuhkan waktu untuk beristirahat. Tak pelak kondisi tersebut membuat industri spa di Slovakia kian berkembang.

Kata Nanda, tak butuh waktu lama untuk beradaptasi di Slovakia. Sebelumnya, dia sudah mahir berbahasa Inggris, dan kini terus mempelajari bahasa Slovakia. Berkat kemampuannya itu, kini Nanda bisa mengantongi gaji belasan juta.

"Saya senang belajar bahasa makanya saya bisa beradaptasi dengan cepat ketika menginjakan kaki dan berkarier di sini," tutur Nanda.

Sempat Menganggur Lama
Nanda mengakui dirinya sempat menganggur lama. Dia juga tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Akhirnya, Nanda memilih terjun sebagai terapis melalui LKP Ashter.

"Lewat program ini lah saya jadi tahu keahlian saya di mana. Ternyata menjadi terapis justru membuat saya bisa mempunyai karier," kenang Nanda.

Selama mengikuti program PKK di LKP Ashter, Nanda sempat mendapatkan kesempatan magang. Dan beberapa bulan setelahnya, dia memutuskan bekerja di salah satu spa favorit di Legian, Kuta, sambil menunggu panggilan terbang ke Eropa.

Pemimpin LKP Ashter, Devi Novita Sari, menyebut program PKK cenderung berhasil setiap tahun. Tahun sebelumnya, 100 persen alumni program PKK berhasil mendapatkan pekerjaan.

"Banyak yang sudah bekerja baik di dalam dan luar negeri. Ilmu terapis ini menjadi penting, khususnya memperkenalkan balinese massage ke dunia internasional," tutup Devi.

TAGS : Ni Sayu Kadek Nanda Dewi Terapis Profesional PKK LKP Ashter Slovakia Jembrana




TERPOPULER :