Jum'at, 18/10/2024 21:33 WIB

Rekomendasi 5 Goa Sakral dan Sarat Sejarah di Bali

Sebagian masyarakat mempercayai goa tertentu bisa menyembuhkan penyakit

Ilustrasi goa (Foto: Unsplash/Ivana Cajina)

Balimemo.com - Salah satu destinasi wisata di Bali ialah goa. Bedanya, goa-goa di Bali tidak hanya memberikan keindahan, namun juga menyimpan berbagai kisah dan sejarah.

Bahkan, sebagian masyarakat mempercayai goa tertentu bisa menyembuhkan penyakit, sehingga menjadi incaran para wisatawan, baik turis domestik maupun mancanegara.

Berikut ini daftar goa-goa sakral dan sarat sejarah di Bali:

1. Goa Gajah

Ini merupakan goa buatan yang sampai sekarang menjadi peninggalan bersejarah di Bali. Goa Gajah biasanya digunakan sebagai ritual ibadah umat Buddha atau Hindu.

Di dalam goa terdapat tempat bersemedi. Dengan ukuran tidak terlalu sempit, para pengunjung tidak akan merasa pengap ketika memasuki goa ini.

Tapi, tidak sembarang orang yang bisa masuk ke goa ini. Bahkan, kalau kamu ingin berkunjung, wajib menggunakan pakaian sopan dan selembar kain yang telah disediakan.

2. Goa Lawah

Goa Lawah berada di Kabupaten. Keberadaan ribuan kelelawar menjadi daya tarik goa ini, sehingga para wisatawan penasaran untuk menyaksikannya secara langsung.

Goa dalam bahasa Bali berarti gua dan Lawah berarti kelelawar. Goa Lawah dibangun untuk memuja Dewa laut. Goa ini terletak tepat di bawah pohon yang cukup rindang, sehingga menimbulkan kesan adem sekaligus mistis.

3. Goa Garba

Berlokasi di Gianyar, Goa Garba tergolong unik, karena bentuknya yang menyerupai ceruk dan menjadi empat pertapaan masyarakat di zaman dahulu. Sebab, goa ini berdiri sejak masa pemerintahan Raja Jayapangus.

Di dalam goa terdapat peninggalan telapak kaki yang diyakini berasal dari bekas jejak dari pertapa sakti yang telah menghabiskan waktu di dalam goa tersebut.

4. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri memiliki ketinggian 150 meter di atas permukaan laut serta panjang 310 meter. Selain tempat wisata, goa ini dijadikan tempat ibadah dan ritua keagamaan sakral.

Dipercaya bahwa air yang mengalir dari Goa Giri Putri mampu menyembuhkan penyakit. Umat Hindu seringkali memohon tirta pengelukatan, serta dibawa pulang untuk pengobatan kerabat atau keluarga yang sakit.

5. Goa Panji

Goa Panji Landung yang terletak di lembah sungai merupakan tempat yang dianggap sakral sekaligus angker bagi penduduk setempat. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 10 meter dengan lebar pintu masuk sekitar dua hingga tiga meter.

Pura dekat goa yang terletak di pinggir aliran sungai memiliki mata air yang tidak pernah surut. Biasanya warga di sana menggunakan air sebagai sarana upacara dan dapat dikonsumsi warga setempat.

TAGS : Wisata Alam Goa di Bali Destinasi Bersejarah




TERPOPULER :