Kamis, 19/09/2024 08:27 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali Diprediksi Capai 5,5 Juta Orang

Kunjungan Wisman ke Bali Diprediksi Capai 5,5 Juta Orang

Gubernur Bali, I Wayan Koster (Foto: Jurnas.com)

Balimemo.com - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Pulau Bali hingga akhir Desember 2023, diprediksi mencapai 5,5 juta orang. Perkiraan ini disampaikan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

"Di Bulan Desember saya kira akan mencapai 5,5 juta minimum, mudah-mudahan bisa lebih," kata Koster dalam peluncuran Bali-Kerthi Development Fund (BDF) di Denpasar pada Sabtu (19/8) kemarin.

Saat situasi normal, lanjut Koster, pertumbuhan ekonomi Bali mencapai 5,4 persen. Dan saat ini, pasca pandemi Covid-19 dan kunjungan wisman belum kembali 100 persen, perekonomian Bali sudah mencapai 5,6 persen.

"Berarti ada struktur yang berubah dari komponen ekonomi Bali ini yang menggembirakan dan sedang saya telusuri," terang dia.

Koster melanjutkan, kunjungan wisman yang datang ke Bali pada 2019 mencapai 6,3 juta orang. Sementara wisatawan domestik totalnya mencapai 10,5 juta orang.

"Wisatawan mancanegara dari Australia 1,3 juta yang datang dan paling banyak ke Bali. Kemudian, wisatawan China 1,2 juta orang nomer dua paling banyak ke Bali dan yang lainnya Eropa dan Amerika," jelas dia.

Kendati demikian, menurut Koster saat ini kunjungan Wisman asal China belum kembali seperti situasi sebelum pandemi Covid-19. Sebab, jumlahnya sejak Januari hingga Juli 2023 belum mencapai 150 ribu orang.

"Berarti kira-kira baru 10 persen lebih sedikit dari situasi normal tahun 2019 yang besarnya 1,2 juta orang," tutup dia.

TAGS : Wisatawan Mancanegara Gubernur Bali I Wayan Koster




TERPOPULER :