Selasa, 17/09/2024 03:24 WIB

Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Pimpin KTT AIS 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023

Presiden Jokowi disambut Dirjen Protokol dan Konsuler Kemlu Andy Rachmianto setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (Foto: Dok. Kominfo)

Balimemo.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023, yang diselenggarakan di Badung, Bali pada Rabu (11/10/).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L Marsudi mengatakan bahwa proses pembuatan deklarasi pemimpin dimulai dari tingkatan Senior Official Meeting (SOM), yaitu pejabat eselon satu. Materi dalam the the 5th Ministerial Meeting AIS Forum 2023 hari ini adalah hasil kesepakatan SOM ke-7 di Suva, Fiji serta SOM ke-8 di Antananarivo, Madagaskar.

Presiden Jokowi yang akan memimpin sesi sidang KTT AIS Forum 2023,” kata Menteri Retno.

Menlu Retno juga menjelaskan, negara-negara pulau dan kepulauan, termasuk Indonesia, harus menjadi garda terdepan dalam isu kelautan dan perubahan iklim, karena negara pulau dan kepulauan tidak dapat dipisahkan dari lautan sekaligus menghadapi ancaman terbesar dampak perubahan iklim.

“Bagi Indonesia, komitmen ini penting, karena kita adalah negara kepulauan terbesar,” imbuh Retno.

Lebih lanjut, Menteri Retno mengharapkan, dokumen deklarasi para pemimpin dapat selaras dengan semangat mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 14. SDG nomor 14 secara gamblang menyebutkan bahwa seluruh negara harus melestarikan ekosistem laut.

“Dalam menjalankan SDGs, angka kita lebih baik jika dibandingkan angka rata-rata dunia,” tutup dia.

TAGS : Bali KTT AIS 2023 Presiden Jokowi




TERPOPULER :