Minggu, 08/09/2024 10:05 WIB

Desa Kaliakah Dukung Proses Pendidikan TK

Bunda PAUD Kabupaten Jembrana, Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba meresmikan dengan pemotongan pita, dibarengi penandatanganan prasasti oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)

Pamelaspasan dan peresmian gedung Taman Kanak-Kanak (TK) Kumara Widya Laksana 2 (Foto: Pemkab Jembrana)

Balimemo.com - Desa Kaliakah melaksanakan pamelaspasan dan peresmian gedung Taman Kanak-Kanak (TK) Kumara Widya Laksana 2, yang bertepatan dengan hari suci Purnama Kalima, di Banjar Kaliakah, Jembarana, Bali, pada Minggu (29/10) kemarin.

Bunda PAUD Kabupaten Jembrana, Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba meresmikan dengan pemotongan pita, dibarengi penandatanganan prasasti oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) yang hadir mewakili Bupati Jembrana.

Mewakili Bupati Jembrana, Kadis PMD I Made Yasa memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kaliakah yang telah berhasil membangun TK kedua milik Pemerintah Desa. Yang mana, anak-anak yang mengenyam pendidikan di TK tersebut tidak dipungut biaya sehingga orang tua tidak terbebani oleh biaya pendidikan anak-anaknya.

"Kami tentu bangga karena pak Perbekel sudah bisa membangun sekolah khususnya PAUD ini sebagai tempat untuk anak-anak kita menimba ilmu dan membentuk jati diri. Melalui 2 TK ini, Pemerintah Desa telah memprogramkan tidak dikenakan biaya atau gratis. Inilah bentuk kepedulian pemerintah desa yang tentunya didukung oleh Pemerintah Kabupaten," terang dia.

Lanjut, Made Yasa menerangkan bahwa pendidikan PAUD merupakan pendidikan dini yang nantinya akan membentuk karakter anak-anak di masa depan. Dibentuk agar menjadi anak berakhlak yang baik serta dapat mandiri dan bertanggung jawab.

Made Yasa menegaskan agar proses pendidikan dapat terus berjalan dengan efektif, Pemerintah Desa harus terus memberikan dukungan kepada TK dan juga kepada para tenaga pendidikan di TK tersebut.

"Yang paling penting juga, operasional dan kesejahteraan tenaga pendidik harus diperhatikan," tegas dia.

Perbekel Desa Kaliakah I Made Bagiarta menjelaskan pembangunan TK milik desa Kaliakah sebagai implementasi Undang-undang Desa untuk memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan anak usia dini.

Pembangunan TK Kumara Widya Laksana 2 menelan total anggaran sebesar Rp1.270.352.556 yang digunakan untuk pembelian tanah seluas 400 meter persegi, pembangunan gedung, pembangunan palinggih dan pembangunan pagar serta penataan halaman.

TAGS : Anak-anak Pendidikan Pemkab Jembrana




TERPOPULER :