Jum'at, 20/09/2024 07:44 WIB

Bupati Tabanan Apresiasi Pelaksanaan Upacara Pitra Yandnya Ngaben Massal

Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, menghadiri Upacara Pitra Yandnya Ngaben Massal

Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya dalam Upacara Pitra Yandnya Ngaben Massal (Foto: Pemkab Tabanan)

Balimemo.com - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, menghadiri Upacara Pitra Yandnya Ngaben Massal, di Balai Banjar Adat Payangan Tengah, Alas Terima, dan Alas Sandan, Desa Adat Payangan, serta Desa Payangan Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, pada Selasa (31/10) lalu.

Kehadirannya dalam acara ini menjadi cerminan nyata dari semangat mempererat ikatan sosial dan rohani dengan warga Tabanan. Nampak hadir, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, Kepala OPD Terkait, Camat Marga, Jro Mangku Lanang/Istri dan Krama adat.

"Upacara Pitra Yadnya bukan hanya sekadar ritual keagamaan, namun juga mencerminkan kebersamaan dan kegotong-royongan masyarakat Tabanan dalam memelihara dan menghormati leluhur," ucap Bupati Sanjaya dalam sambutannya.

Adapun jumlah sawa yang mengikuti pengabenan, yakni 40 Sawa dengan biaya masing-masing sebesar 5 juta rupiah per sawa, 7 peserta Ngelungah dengan biaya 400 ribu rupiah dan 4 orang peserta Metatah dengan biaya masing-masing sebesar 150 ribu rupiah. Selebihnya, biaya yang digunakan adalah urunan sebesar 200 ribu per KK dari 3 Banjar di Desa Payangan dengan jumlah 150 KK.

Pelaksanaan upacara tersebut merupakan bagian integral dari visi dan misi Tabanan, Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Bagian sad kerthi dalam visi Tabanan ialah komitmen nyata dari pemerintah untuk menghidupkan dan memelihara nilai-nilai luhur Bali dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, terutama dalam menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam.

Lebih lanjut, Bupati Sanjaya memberikan pesan bahwa pemerintahan daerah bukanlah entitas terpisah dari masyarakat, melainkan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sikap inklusif dan mengakar di tengah rakyat menjadi pilar utama dari kepemimpinan Bupati Sanjaya.

Sementara itu, I Wayan Sugiarta selaku Prawartaka Karya, turut mengapresiasi keikutsertaan Bupati Sanjaya. “Saya berterima kasih kepada Bupati, telah menyempatkan hadir sebagai murdaning jagat. Karya yang kami buat ini merupakan implementasi gotong-royong dari masyarakat," tutup dia.

TAGS : Bali Ngaben Pemkab Tabanan




TERPOPULER :