Selasa, 17/09/2024 02:51 WIB

Wajib dicoba, Berikut Rekomendasi Arak Bali Bercita Rasa Khas

Minuman khas Pulau Dewata ini umumnya digunakan untuk menghangatkan badan serta digunakan sebagai pelengkap dalam kegiatan adat masyarakat Bali. Namun jangan salah, minuman ini juga memiliki khasiat yang banyak dipakai untuk mengobati batuk, flu, dan juga sariawan.

Ilustrasi arak Bali (Foto: Unsplash/ Hermes Rivera)

Balimemo.com - Arak merupakan minuman tradisional beralkohol yang biasa dikembangkan di wilayah-wilayah Asia Tenggara. Bali adalah salah satu daerah yang memproduksi arak terbesar di Indonesia, bahkan Arak Bali telah menjadi minuman tradisional yang ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Minuman khas Pulau Dewata ini umumnya digunakan untuk menghangatkan badan serta digunakan sebagai pelengkap dalam kegiatan adat masyarakat Bali. Namun jangan salah, minuman ini juga memiliki khasiat yang banyak dipakai untuk mengobati batuk, flu, dan juga sariawan.

Jika Anda sedang berkunjung ke Pulau Dewata, arak Bali bisa menjadi salah satu opsi cinderamata ataupun wishlist yang dapat melengkapi liburan bersama keluarga atau orang-orang tersayang.

Oleh karenanya, berikut rekomendasi arak Bali bercita rasa khas versi Balimemo.com:

1. Baliku

Baliku marupakan salah satu pilihan merek bagi Anda yang ingin mencoba Arak Bali dengan cita rasa khas. Berbahan dasar dari salak bali pilihan, yang berasal dari desa Sibetan sehingga menghasilkan dominasi rasa manis dibandingkan rasa kecut. Dengan rasa cenderung yang manis dibalut dengan alkohol menjadikan minuman ini wajib Anda coba ketika berkunjung ke Bali.

2. 31 Buana

Arak yang berbahan dasar dari kelapa murni ini merupakan hasil produksi warga Desa Tri Eka Buana, Sidemen, Karangasem yang telah bertahun-tahun menjadi pengrajin arak, sehingga kualitas rasa dari produk ini tidak perlu diragukan lagi. Karena berasal dari kelapa murni, minuman menghasilkan rasa manis gurih sehingga cocok menjadi teman bersantai Anda sembari menikmati keindahan Pulau Dewata.

3. Iwak Arumery

Iwak Arumery adalah arak khas Bali yang berbahan dasar kelapa, lontar, dan jaka yang kemudian bahan-bahan tersebut dikombinasikan serta diramu dengan berbagai rempah-rempah, madu, hingga buah-buahan. Arak ini merupakan hasil produksi langsung petani lokal di berbagai kecamatan di Kabupaten Karangasem.

Ada berbagai rempah yang menjadi campuran dalam minuman tradisional ini, antara lain jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan juga vanili. Sementara untuk buah-buahannya ialah seperti mangga, jeruk bali, nanas, dan juga berbagai jenis beri.

TAGS : Jajanan Favorit Arak Bali Minuman Khas Rekomendasi Kuliner




TERPOPULER :