Kamis, 19/09/2024 08:30 WIB

Kuliner Antimainstream di Kintamani? Coba Mujair Nyat-Nyat

Bali dikenal sebagai pulau yang menawarkan destinasi wisata yang lengkap. Di Pulau Dewata, kamu bisa memilih menjajal wisata pantai, alam, atau bahkan keduanya sekaligus.

Ilustrasi Masakan Ikan Mujair Nyat-Nyat (Foto: Unsplash/Gary Moreton-Jones)

Balimemo.com - Bali dikenal sebagai pulau yang menawarkan destinasi wisata yang lengkap. Di Pulau Dewata, kamu bisa memilih menjajal wisata pantai, alam, atau bahkan keduanya sekaligus.

Ada banyak wisata alam yang bisa kamu datangi saat ke Bali. Yang paling terkenal ialah pemandangan sawah-sawah Ubud, yang berlokasi di Kabupaten Gianyar. Namun, bila kamu mau sedikit lebih ke utara, masih ada Kabupaten Bangli.

Di kabupaten ini, kamu bisa mengunjungi Kintamani, daerah yang terkenal dengan hawanya yang dingin, serta beragam cafe yang menyediakan kopi asli Kintamani. Nongkrong makin lengkap dengan pemandangan Gunung Batur dan danaunya yang apik diunggah ke media sosial.

Menikmati kopi saat ke Kintamani umum dilakukan wisatawan. Jika ingin mencoba sedikit berbeda, kamu dapat mencoba kuliner khas daerah ini, yakni Mujair Nyat-Nyat.

Mujair Nyat-Nyat adalah olahan mujair yang diambil dari Danau Batur. Pengolahannya pun unik, karena bahan makanan dimatangkan dengan hanya sedikit air. Seperti namanya, `Nyat` yang berarti surut, sehingga Mujair Nyat-Nyat dimasak dengan air yang minimal.

Rasa khas Mujair Nyat-Nyat terletak pada pemilihan bumbunya yang lengkap, mulai dari kunyit, bawang putih, ketumbang, terasi, kencur, merica, jahe, bawang merah, lengkuas, hingg cabe rawit. Tak lupa pula daun salam dan serai yang membuat sajian mujair ini tidak terasa amis.

Adapun kunci yang membuat bumbu meresap hingga ke dalam daging mujair ialah proses marinasi mujair bersama jeruk nipis dan kunyit, bawang putih, dan ketumbar yang telah dihaluskan. Setelah lima menit, ikan digoreng hingga matang.

Sembari menunggu mujair matang, bumbu lainnya dihaluskan lalu tumis dengan minyak dengan harum. Selanjutnya masukkan air, daun salam, dan serai yang telah dimemarkan.

Terakhir, mujair yang telah matang dicampurkan dengan bumbu yang telah digoreng, lalu dimasak dengan air hingga airnya menyusut. Jika ada waktu ke Kintamani, kuliner satu ini wajib kamu coba.

TAGS : Bali Rekomendasi Makanan Jajanan Favorit




TERPOPULER :