Kamis, 19/09/2024 09:06 WIB

Liburan Akhir Tahun ke Bali, Apa Aja Sih Persiapannya?

Merencanakan liburan akhir tahun belum lengkap kalau tidak sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Terkadang kita lupa atau bahkan kebingungan mau menyediakan apa saja, apalagi kalau posisinya sudah mepet waktu.

Panorama alam di Bali (Foto: Unsplash/Harry Kessell)

Balimemo.com - Merencanakan liburan akhir tahun belum lengkap kalau tidak sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Terkadang kita lupa atau bahkan kebingungan mau menyediakan apa saja, apalagi kalau posisinya sudah mepet waktu.

Berikut beberapa peralatan liburan yang sebaiknya kamu siapkan lebih awal saat akan berlibur ke Bali.

1. Siapkan Budget

Hal pertama yang harus kamu persiapkan sebelum berwisata ke Bali adalah anggaran. Hitung anggaran liburan dan cari tahu apa saja yang akan kamu biayai nantinya. Lakukan riset tentang biaya perjalanan yang diperlukan. Sediakan anggaran lebih untuk menetralisir terjadinya hal buruk saat perjalanan. Bukan hanya itu, mengingat Bali merupakan tempat istimewa dengan segala bentuk keberagamannya yang selalu menarik, sudah pasti kamu membutuhkan uang untuk menaklukkan ketertarikan.

2. Pesan tiket perjalanan

Disarankan untuk memesan tiket sebelum keberangkatan. Idealnya, memesan minimal 5 hari sebelum keberangkatan. Memesan tiket sejak jauh hari diyakini bisa menghemat biaya 10-25 persen dan menghindari harga yang tiba-tiba naik. Kamu dapat memesan tiket secara langsung maupun online. Kini pemesanan tiket pesawat secara online bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Traveloka, tiket.com, dan situs-situs lainnya.

3. Booking penginapan terlebih dahulu

Sebelum melaksanakan perjalanan menuju Bali, alangkah baiknya kamu memilih tempat lebih awal, agar ketika tiba di Bali kamu bisa langsung bersantai atau beristirahat. Silakan search tempat-tempat penginapan sesuai budget dan keinginan kamu dari sekarang.

4. Buat list tempat wisata impianmu

Langkah selanjutnya adalah merencanakan tempat wisata Bali yang ingin kamu kunjungi. Ketahui tempat wisata Bali dari banyak website dan buku, serta layanan travel dapat memberikan kemudahan untuk mengunjungi berbagai tempat yang ingin kamu datangi. Keuntungan menggunakan travel ialah kamu tidak perlu khawatir dalam mengatur barang. Kamu hanya membayar harga yang disepakati, dan agen perjalanan akan mengatur perjalanan, makan, transportasi, akomodasi, dan lain-lain.

5. Siapkan pakaian

Ini adalah hal yang paling penting. Cuaca di Bali panas, jadi kenakanlah pakaian yang ringan dan tidak membuat kamu berkeringat. Jika pantai menjadi salah satu tujuan, maka tak ada salahnya mengemas baju pantai atau bikini. Kamu mungkin ingin membawa jaket untuk berjaga-jaga dari cuaca dingin. Kamu juga harus menyiapkan sepatu dan boots untuk perjalanan santai.

6. Sediakan peralatan

Satu hal yang tidak boleh kamu lupakan saat berada di Bali adalah tabir surya untuk mencegah kulit terbakar. Selain itu, makeup, vitamin dan obat-obatan tentu tak kalah pentingnya, apalagi perlengkapan makeup bagi kaum perempuan. Siapkan semuanya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

7. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan

Dokumen diperlukan pada saat perjalanan. Pasalnya, jika kamu akan berlibur dengan pesawat atau kereta api, maka kamu memerlukan ID lengkap. Jika bepergian ke luar negeri, kamu harus menyiapkan paspor dan visa. Simpan dokumen di dalam tas yang tahan air sehingga kamu tidak perlu khawatir dokumen akan basah. Simpan juga salinannya dalam format file digital untuk memudahkan kamu saat butuh di tengah perjalanan.

8. Informasi dan peta perjalanan

Lakukan riset terlebih dahulu tentang tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Pelajari informasi penting tentang wisata, budaya, adat istiadat, bahasa, makanan, hukum setempat, dan masih banyak lagi. Bawalah peta atau aplikasi navigasi untuk membantu menemukan tujuan. Hal ini juga akan memberikan gambaran terkait keadaan dan situasi tempat impian kamu di Bali.

Nah, itulah 8 hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum keberangkatan, untuk liburan yang lancar dan nyaman dengan persiapan lengkap. Selamat berlibur ya!

TAGS : Bali Tips Berlibur Tahun Baru




TERPOPULER :