Jum'at, 18/10/2024 16:27 WIB

6 Hal Penting Bagi Wisatawan Saat Nyepi di Bali

Hari Raya Nyepi merupakan hari yang penting bagi umat Hindu. Hari raya ini dapat diartikan sebagai hari penyucian diri manusia dan alam.

Ilustrasi upacara adat di Bali (Foto: Unsplash/Narendra Dinata)

Balimemo.com - Hari Raya Nyepi merupakan hari yang penting bagi umat Hindu. Hari raya ini dapat diartikan sebagai hari penyucian diri manusia dan alam.

Perayaan Nyepi dirayakan setiap Tahun Baru Saka, yaitu kalender yang digunakan umat Hindu sebagai acuan penanggalan. Tahun ini Hari Raya Nyepi akan diperingati mulai (11/3) pukul 06.00 WITA, hingga (12/3) 2024 pukul 06.00 WITA.

Saat pelaksanaan Nyepi, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh semua orang, baik yang sedang melakukan nyepi maupun wisawatan.

Bagi kamu yang sudah terlanjur merencanakan liburan saat Hari Raya Nyepi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak mengganggu perayaan Nyepi di Bali

Berikut 6 Hal Penting Bagi Wisatawan Saat Nyepi di Bali:

1. Jangan Keluar Penginapan

Saat perayaan Nyepi sedang berlangsung, tidak diperkenankan bagi semua orang untuk keluar dari tempat tinggalnya. Karena itu cukup berjalan-jalan di lingkungan hotel saja dan hindari berjalan-jalan keluar.

2. Jangan Membuat Keributan


Sebagai bentuk menghargai dan toleransi, pastikan kamu untuk tetap tenang dengan tidak membuat keributan, semisal menonton tv, mendengarkan musik, atau berbicara terlalu keras.

3. Nyalakan Penerangan yang Terbatas


Dilarang menyalakan lampu termasuk pada malam hari. Cukup menyalakan lampu di dalam kamar saja dan tutup rapat tirai agar tidak tampak dari luar.

4. Hubungi Rumah Sakit Terdekat


Jika mendadak sakit saat perayaan nyepi, segera menghubungi rumah sakit terdekat. Karena, saat nyepi hanya ambulans yang diperbolehkan bergerak.

5. Siapkan Bekal


Semua jenis pekerjaan dan pertokoan akan tutup selama proses perayaan Hari Raya Nyepi di Bali. Oleh karenanya, bagi kamu disarankan membawa kebutuhan makanan, obat-obatan dan kebutuhan pribadinya.

6. Hormati Proses Upacara


Tidak ada larangan untuk ikut dalam kegiatan upacara adat di Bali. Namun kamu harus menghormati upacara adat dengan berlaku dan berpakaian sopan.

Hindari berjalan di depan rombongan yang sedang merayakan Nyepi, dan jangan melangkahi sesajen yang dipasang.

TAGS : Bali Budaya Hari Raya Nyepi Wisatawan




TERPOPULER :