Minggu, 08/09/2024 10:36 WIB

Catat, Berikut 8 Lokasi Nonton Pawai Ogoh-Ogoh di Bali

Mengarak ogoh-ogoh merupakan salah satu tradisi menjelang Hari Raya Nyepi yang selalu dinanti-nantikan. Tradisi ini dinamakan Pengerupukan, yang dilaksanakan sehari sebelum perayaan Nyepi.

Ilustrasi ogoh-ogoh (Foto: Pixabay/Michelle_Raponi)

Balimemo.com - Mengarak ogoh-ogoh merupakan salah satu tradisi menjelang Hari Raya Nyepi yang selalu dinanti-nantikan. Tradisi ini dinamakan Pengerupukan, yang dilaksanakan sehari sebelum perayaan Nyepi.

Ogoh-ogoh melambangkan elemen buruk yang harus dimusnahkan dan membawa kembali unsur yang baik untuk lingkungan. Pada Hari Raya Nyepi 2024, tradisi pengerupukan akan dilaksanakan pada Minggu (10/3) sore hingga malam hari.

Berikut 8 Lokasi Nonton Pawai Ogoh-Ogoh di Bali:

1. Patung Catur Muka Denpasar

Sebagai alun-alun Kota Denpasar, Patung Catur Muka merupakan salah satu pilihan lokasi bagi Anda untuk menyaksikan pertunjukan ogoh-ogoh di Bali.

2. Jalan Cok Agung Tresna

Di kawasan Jalan Cok Agung Tresna, Kota Denpasa rutin menyelenggarakan pertunjukan dan perlombaan ogoh-ogoh. Biasanya tiap banjar akan unjuk diri dengan melakukan atraksi di area ini.

3. Perempatan Sanur

Perempatan yang sering disebut dengan nama Perempatan McD merupakan salah satu lokasi yang ramai saat pelaksanaan pawai ogoh-ogoh. Rute yang dilalui ialah Banjar Taman Sari - McD Sanur - Perempatan KFC Sanur.

4. Kawasan Plaza Renon

Bagi Anda yang berada di wilayah kawasan Renon, Denpasar, Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan ogoh-ogoh yang dibuat oleh banjar-banjar sekitar.

5. Ubud

Di kawasan wisata Ubud biasanya menggelar pawai ogoh-ogoh di berbagai titik. Lokasi yang ramai dikunjungi adalah area perempatan di Puri Ubud dan perempatan Patung Dewa Indra di Jalan Raya Andong.

6. Ground Zero Kuta

Bagi Anda yang ingin menonton ogoh-ogoh di wilayah Badung, Ground Zero Kuta dapat menjadi pilihan bagi Anda. Di kawasan ini juga akan melewati Pantai Kuta.

7. Kawasan Legian

Anda bisa menyaksikan pawai ogoh-ogoh pada Hari Pengerupukan di sepanjang Jalan Legian dan Jalan Pantai Kuta. Ogoh-ogoh yang berasal dari banjar-banjar di Desa Kuta akan melakukan atraksi di beberapa titik.

8. Kawasan Nusa Dua

Kawasan Nusa Dua yang bertempat di wilayah perempatan pintu masuk ITDC Nusa Dua, merupakan salah satu dari banyak lokasi yang terdapat pertunjukan ogoh-ogoh di Bali.

Nah, itulah lokasi-lokasi pilihan yang dapat Anda datangi untuk menyaksikan pertunjukan pawai ogoh-ogoh di Bali.

TAGS : Bali Hari Raya Nyepi Ogoh-ogoh




TERPOPULER :