Kamis, 19/09/2024 23:44 WIB

Daftar Event dan Festival di Bali Sepanjang Juli 2024

Festival bulan ini diawali dengan Penglipuran Village Festival, yang telah berlangsung pada 4-7 Juli lalu.

Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli merupakan salah satu lokasi festival bulan ini (Foto: Unsplash/Satria Setiawan)

Balimemo.com - Menjadi destinasi wisata nomor satu di Indonesia, Bali menyuguhkan berbagai event dan festival. Dengan demikian, wisatawan domestik dan mancanegara memiliki banyak pilihan selain menikmati keindahan wisata alam

Dinas Pariwisata Provinsi Bali telah menyusun Bali Calendar of Events tahun 2024, yang bisa menjadi rujukan saat berencana berlibur ke pulau yang juga berjuluk The Last Paradise in The World ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun mengatakan, festival bulan ini diawali dengan Penglipuran Village Festival, yang telah berlangsung pada 4-7 Juli lalu.

Festival ini merupakan ajang promosi, pelestarian budaya, pelestarian alam, dan memberikan peluang kepada UMKM untuk berinovasi dan berkreatifitas untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Berbagai atraksi budaya disajikan dalam festival ini," kata Tjok Bagus.

Selanjutnya, Semarak Pandawa 5-7 Juli 2024. Pertunjukan seni musik dan tari hinggan festival dari rumput laut khas Pantai Pandawa Bali, bakal disajikan dalam event ini. "Ada juga atraksi dan pertunjukkan kebudayaan Bali," dia menambahkan.

Berikutnya, Bali Kite Festival di Pantai Sanur pada tanggal 20-21 Juli 2024. Festival diselenggarakan oleh Komunitas Seni Layangan Bali. Tujuannya, untuk meningkatkan seni dan kreativitas para pemuda Bali dalam pembuatan layang-layang.

Selain itu, festival ini juga menyelenggarakan lomba yang memperebutkan Piala Gubernur. "Ribuan layangan bakal menghiasi langit Pantai Sanur," ujar dia.

Kemudian, Paradise Island Clothing Association Festival (PICA-Fest). Festival ini merupakan event clothing terbesar di Bali. Dalam festival ini tidak hanya ada 100 booth clothing saja melainkan ada konser music dengan 100 penampil dari local Bali dan nasional, komunitas lokal dan juga terdapat 100 booth yang menyuguhkan kuliner Bali.

Di Gianyar, lanjut Tjok Bagus, juga bakal digelar Mas Village Festival pada Juli ini. Festival ini bertujuan untuk mengangkat nama Desa Mas sebagai promosi desa wisata, sehingga dapat membangkitkan potensi ekonomi dan kearifan lokal yang ada di desa.

TAGS : Kalender Event Festival Bali Dinas Pariwisata




TERPOPULER :