Minggu, 08/09/2024 10:10 WIB

Surabaya ke Bali via Transportasi Darat: Opsi, Rute, dan Biaya

Berikut ini, tiga opsi perjalanan darat dari Surabaya ke Denpasar, Bali versi Balimemo.com

Rute Surabaya ke Bali melalui transportasi darat (Foto: Balimemo.com/HERE wego)

Balimemo.com - Surabaya merupakan salah satu pusat bisnis terbesar di Indonesia. Selain menjadi pintu masuknya wisatawan asing dengan keberadaan Bandara Juanda di Sidoarjo, Surabaya juga kerap dipilih sebagai lokasi event skala nasional maupun internasional.

Meski demikian, tak jarang mereka yang sedang berada di Surabaya, justru berencana meluangkan waktu berlibur ke Bali. Apalagi, jarak Surabaya dan Bali tidak terlalu jauh dan dapat ditempuh hanya satu jam melalui perjalanan udara.

Namun, di tengah maraknya persaingan maskapai penerbangan menuju Bali, transportasi darat masih memiliki tempat di hati para wisatawan domestik maupun mancanegara, termasuk turis asal Surabaya.

Meski memakan waktu lebih lama dibandingkan perjalanan udara, rute darat memungkinkan kamu untuk menikmati pemandangan indah sepanjang jalan dan menghemat biaya perjalanan.

Berikut ini, tiga opsi perjalanan darat dari Surabaya ke Denpasar, Bali versi Balimemo.com:

- Opsi

1. Bus

Bus antar kota antar provinsi (AKAP) masih menjadi favorit. Beberapa perusahaan ternama seperti Gunung Harta, M-Trans, dan PO Haryono menyediakan layanan bus eksekutif yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh ini.

Perjalanan dengan bus biasanya memakan waktu sekitar 10-12 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas dan cuaca. Namun tenang, bus-bus ini dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, kursi yang bisa direbahkan, dan toilet di dalam bus.

Biaya tiket cukup variatif mulai dari Rp200.000-an hingga Rp400.000-an. Biaya ini biasanya sudah mencakup tiket bus, tiket penyeberangan feri Ketapang-Gilimanuk, dan satu kali makan.

2. Sewa Mobil/Travel

Bagi kamu yang ingin perjalanan lebih fleksibel dapat menyewa mobil pribadi atau menggunakan jasa travel. Dengan opsi ini, kamu dapat mengatur jadwal perjalanan sendiri dan berhenti di tempat-tempat menarik sepanjang jalan.

Namun, perlu diingat biayanya lebih tinggi dibandingkan dengan bus. Untuk harga sewa mobil dipatok mulai dari Rp3.000.000-an, sudah termasuk biaya BBM, sewa driver, dan tiket penyeberangan feri Ketapang-Gilimanuk. Tip driver di luar biaya keseluruhan.

Jika menggunakan mobil pribadi atau travel privat, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencicipi kuliner lokal atau sekadar meregangkan badan setelah duduk lama di kendaraan.

3. Kereta Api

Opsi ketiga dengan harga bersaing ialah kereta api. Dari beberapa stasiun yang ada di Surabaya, kamu bisa menempuh perjalanan menuju Stasiun Ketapang, Banyuwangi dengan durasi perjalanan selama 6-7 jam.

Dari Pelabuhan Ketapang, kamu bisa melanjutkan penyeberangan menggunakan feri ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali dengan biaya Rp10.600 per orang, atau memesan bus yang biasanya mencari penumpang menuju ke Bali.

Opsi ini terbilang murah, karena tiket kereta api menuju Ketapang dibanderol mulai dari Rp56.000 untuk kelas ekonomi KA Probowangi. Atau, kamu dapat mengeluarkan Rp330.000 untuk duduk di kelas eksekutif KA Wijayakusuma.

- Rute

Perjalanan menggunakan bus hanya akan menggunakan satu rute, yakni melalui jalur pantai utara (pantura). Dari Surabaya, penumpang akan melewati Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Jembrana, Tabanan, dan berakhir di Terminal Mengwi, Badung.

Adapun untuk perjalanan darat dengan kendaraan pribadi, kamu bisa memilih untuk melalui jalur utara maupun jalur selatan. Jalur selatan meliputi Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Jembrana, Tabanan, Badung, dan Denpasar.

Jalur selatan menawarkan sensasi perjalanan yang lebih mengesankan daripada jalur utara yang cenderung lebih ramai. Di Lumajang, Jember, hingga Banyuwangi, kamu akan disajikan hijaunya alam dan berbagai kuliner yang menarik dicicipi.

Sementara itu untuk kereta api, akan melewati berbagai stasiun yakni: Stasiun Gubeng, Stasiun Wonokromo, Stasiun Waru, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Bangil, Stasiun Pasuruan, Stasiun Probolinggo, Stasiun Klakah, Stasiun Tanggul, Stasiun Rambipuji, Stasiun Jember, Stasiun Kalisat, Stasiun Kalisetail, Stasiun Temuguruh, Stasiun Rogojampi, Stasiun Banyuwangi Kota, dan berakhir di Stasiun Ketapang.

- Tips

Sebelum memulai perjalanan, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan jika memilih perjalanan darat ke Bali:

1. Pastikan kamu memiliki dan membawa dokumen identitas yang valid seperti KTP atau paspor;

2. Siapkan pakaian yang nyaman untuk perjalanan panjang dan beberapa camilan serta air minum;

3. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan. Powerbank juga sangat berguna untuk menjaga perangkat elektronik Anda tetap terisi selama perjalanan;

4. Siapkan ponsel maupun kamera yang tetap prima sepanjang perjalanan. Pemandangan sepanjang jalan, terutama pesona matahari terbit yang dapat disaksikan dari atas kapal feri, teramat sayang untuk dilewatkan.

Perlu diingat bahwa waktu keberangkatan bus biasanya pada sore atau malam hari, dengan tujuan agar penumpang bisa tidur selama perjalanan dan tiba di Denpasar pada pagi atau siang hari berikutnya.

Jika kamu memilih menggunakan mobil sewaan atau jasa travel, Anda bisa mengatur waktu keberangkatan sesuai keinginan, namun disarankan untuk berangkat pagi hari agar bisa tiba di Denpasar sebelum malam.

Adapun untuk perjalanan menggunakan kereta api, KA Probowangi berangkat setiap pukul 05.35 WIB dan akan tiba pada pukul 12.45 WIB di Stasiun Ketapang. Sedangkan KA Wijayakusuma berangkat mulai pukul 23.50 WIB dan akan tiba pada pukul 06.00 WIB.

TAGS : Transportasi Darat Surabaya ke Bali Penyeberangan Ketapang Opsi Rute




TERPOPULER :