Jum'at, 20/09/2024 07:04 WIB

7 Tempat Wisata yang Sering Dikeluhkan Wisatawan di Bali

Berikut ini enam tempat wisata yang sering dikeluhkan oleh turis saat berlibur di Bali versi Balimemo.com.

Akses menuju Klingking Beach sering dikeluhkan wisatawan (Foto: Unsplash/Alec Favale)

Balimemo.com - Menjadi wisata favorit tak lantas menjadikan Bali luput dari berbagai keluhan dan masalah. Meskipun sebagian besar pengunjung menikmati liburan mereka tanpa hambatan, beberapa tempat wisata di Bali sering menjadi sumber keluhan dari wisatawan asing.

Keluhan yang kerap terjadi biasanya disebabkan sejumlah hal, mulai dari masalah kebersihan, kenaikan harga yang tidak wajar, hingga pemerasan dari pemandu wisata lokal.

Berikut ini enam tempat wisata yang sering dikeluhkan oleh turis saat berlibur di Bali versi Balimemo.com:

1. Pantai Kuta, Badung

Meskipun terkenal dengan keindahan pantainya, Kuta sering dikritik karena masalah kebersihan dan kepadatan pengunjung. Banyak wisatawan mengeluhkan banyaknya sampah yang berserakan di sepanjang pantai, terutama saat musim hujan.

Kasus yang pernah terjadi di sini termasuk insiden pelecehan seksual terhadap wisatawan wanita oleh pedagang asongan, yang membuat banyak pengunjung merasa tidak nyaman dan tidak aman.

2. Pura Besakih, Karangasem

Pura terbesar dan suci di Bali ini juga tidak luput dari keluhan. Banyak wisatawan mengalami pengalaman buruk dengan pemandu wisata lokal. Salah satunya, kasus wisatawan asing yang dipalak pemandu wisata pada 2023 lalu. Situasi ini sering membuat pengunjung merasa dimanfaatkan dan merusak pengalaman spiritual yang mereka harapkan.

3. Monkey Forest, Ubud

Monkey Forest Ubud sering menjadi sumber keluhan. Beberapa wisatawan melaporkan kasus serangan monyet-monyet agresif. Ada pula laporan pencurian kacamata, topi, dan ponsel yang dilakukan oleh monyet. Meski pengelola telah memberikan peringatan, banyak wisatawan merasa tidak cukup diberikan informasi tentang risiko berinteraksi dengan monyet liar.

4. Tanah Lot, Tabanan

Tanah Lot merupakan salah satu ikon wisata Bali. Destinasi ini juga mendapat kritik karena over-komersialisasi. Banyak wisatawan merasa kecewa dengan harga yang mahal untuk makanan dan minuman di sekitar lokasi.

5. Nusa Penida, Klungkung

Pulau kecil di tenggara Bali yang terkenal dengan pemandangan Instagram-able-nya ini memiliki masalah kondisi jalan yang buruk dan berbahaya, terutama menuju tempat-tempat wisata populer seperti Kelingking Beach. Ada beberapa kasus wisatawan yang mengalami kecelakaan motor karena kondisi jalan yang berlubang dan curam.

6. Pantai Sanur, Denpasar

Meskipun lebih tenang dibandingkan Kuta, Pantai Sanur mendapat kritik karena masalah sampah. Tahun ini, wisatawan asing juga melaporkan dugaan penipuan oleh money changer yang akhirnya viral di media sosial.

7. Seminyak dan Canggu

Seminyak dan Canggu sering dikeluhkan karena masalah lalu lintas yang parah dan kurangnya trotoar yang aman untuk pejalan kaki. Ada beberapa kasus wisatawan yang mengalami kecelakaan lalu lintas atau menjadi korban pencopetan saat berjalan kaki di daerah ini.

TAGS : Wisata Bermasalah Destinasi Pariwisata Bali Pantai Kuta Penipuan Turis




TERPOPULER :