Jum'at, 20/09/2024 04:56 WIB

Nasi Angin Khas Tabanan, Ini Fakta Unik di Balik Namanya

Berikut ini beberapa fakta unik di balik nama Nasi Angin yang berhasil dirangkum Balimemo.com

Nasi Angin, kuliner khas Tabanan, Bali (Foto: Facebook Info Kuliner Bali)

Balimemo.com - Bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur ke Bali, tak ada salahnya memasukkan Kabupaten Tabanan dalam daftar tujuan. Sebagaimana Badung dengan wisata pantainya yang mendunia, Tabanan memiliki sejumlah spot wisata yang cukup populer.

Tanah Lot, Kebun Raya Bedugul, dan Danau Beratan merupakan tiga dari sekian banyak spot wisata Tabanan yang bisa menjadi pilihan. Tak cuma wisata alam, kabupaten yang berjarak kurang dari satu jam dari Bandara Ngurah Rai ini juga cocok untuk berwisata kuliner.

Salah satu yang paling menonjol ialah Nasi Angin. Meski namanya terdengar aneh, kuliner satu ini cukup diminati oleh wisatawan dan masyarakat lokal karena cita rasanya yang lezat serta harga yang tidak menguras kantong.

Berikut ini beberapa fakta unik di balik nama Nasi Angin yang berhasil dirangkum Balimemo.com:

1. Berusia 60 Tahun

Pada medio 1960-an, seorang pria keturunan etnis Tionghoa, An Gin, merintis usaha warung nasi di Desa Meliling. Tak butuh waktu lama, warung nasinya menjadi buah bibir karena menu yang ditawarkan cukup familiar dan rasa yang menggugah selera.

An Gin pada waktu itu sengaja membuka warung pada malam hingga pagi hari, guna menyasar para sopir truk yang melewati Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk. Namun, kini warung Nasi Angin-nya beroperasi mulai pagi hingga pukul 10 malam.

Seiring waktu berjalan, untuk memudahkan pelafalan, An Gin mengubah nama warungnya menjadi Nasi Angin dan terkenal hingga saat ini.

2. Ciri Khas Menu Babi

Pada awal dirintisnya usaha ini, An Gin membuat menu olahan daging sapi. Namun, menu itu akhirnya diganti menjadi olahan babi sampai sekarang. Untuk menikmati Nasi Angin, kamu dapat memadukannya dengan laut dendeng daging babi, daging babi sisit, mi goreng, dan soto babi.

3. Harga Murah

Tidak perlu membayar mahal untuk menikmati seporsi Nasi Angin. Harga per porsinya dibanderol mulai dari Rp15.000 untuk makan di tempat, dan Rp10.000 jika dibungkus.

TAGS : Nasi Angin Kuliner Khas Tabanan Warung An Gin




TERPOPULER :