Jum'at, 20/09/2024 08:09 WIB

Event Hari Ini: Ubud Village Jazz Festival 2024

Ubud Village Jazz Festival (UVJF) 2024 kembali hadir dan akan berlangsung hari ini, Jumat (2/8).

Event Ubud Village Jazz Festival 2024 (Foto: Ist)

Balimemo.com - Ubud Village Jazz Festival (UVJF) 2024 kembali hadir dan akan berlangsung hari ini, Jumat (2/8). Festival jazz ternama dari Bali ini diadakan di STHALA Ubud Porfolio Hotel hingga Sabtu (3/8) besok.

Sebab didukung oleh STHALA Ubud Porfolio Hotel sebagai sponsor utama, maka tahun ini festival tersebut resmi menjadi STHALA Ubud Village Jazz Festival 2024, sebagaimana keterangan founder Ubud Village Jazz Festival, Anom Darsana.

Anom mengatakan salah satu alasan memulai kembali UVJF ialah kegelisahan para insan kreatif untuk menciptakan festival berkualitas, berstandar internasional, dan disegani, serta didukung dan dijalankan oleh para musisi lokal Bali.

"Festival kami bukankah melulu bisnis. Karena bagi kami, komitmen dalam hal kualitas selalu menjadi yang utama," kata Anom dalam siaran persnya kepada Balimemo.com.

Sementara itu, founder UVJF lainnya, Yuri Mahatma mengatakan festival ini menjadi platform untuk mengekspresikan komitmen terhadap ide dan konsep.

Salah satu keunikannya ialah UVJF sejak awal berdiri pada 2013 silam, menjadi satu-satunya festival jazz di Indonesia yang hanya mengusung musik jazz.

"Kami perlu selalu mengedukasi masyarakat dan memperkenalkan kembali jazz. Jazz adalah bentuk musik yang membutuhkan tingkat apresiasi tertentu dari para penonton untuk menikmatinya," ujar Yuri.

Dia menambahkan, hakikat jazz adalah kebebasan melalui improvisasi. Karenanya, improvisasi dapat melahirkan interprestasi. Dan untuk melakukan interprestasi, pemainnya harus terliterasi berbagai topik, mulai dari sejarah, filsafat, dan lain sebagainya.

"Tidak mungkin seseorang bisa mengaku dirinya musisi jazz hanya karena ia bisa memainkan beberapa lick yang bagus. Dan hakikat ini bisa dianalogikan dengan kehidupan secara umum," dia menambahkan.

UVJF 2024 akan dimeriahkan oleh talenta dari dalam negeri dan luar negeri, antara lain: Adien : Adien Fazmail Quinteto (Indonesia), Benny Irawan Trio (Indonesia), Claude Diallo bersama Indra Gupta dan Gustu Brahmanta (Swiss-Indonesia), Collective Harmony (Indonesia), Eric Chong Trio bersama Kanhaiya (Hongkong-Indonesia), FAWR (Indonesia), Galaxy Bigband (Indonesia), Jazz Centrum (Indonesia), New Centropezn (Rusia), Noe Clerc Trio (Perancis), Rodrigo Parejo Quartet (Spanyol-Indonesia), Simone Prattico Trio (Italia), Uwe Plath Quartet (Jerman), Zagorski-Skowronski Project feat. Kajetan Galas (Polandia).

TAGS : Ubud Village Jazz Festival UVJF 2024 Event Bali




TERPOPULER :