Jum'at, 20/09/2024 04:49 WIB

5 Tips Liburan ke Bali bagi Pemula

berikut 5 tips berlibur ke Bali bagi pemula versi Balimemo.com

Patung Garuda Wisnu Kencana, salah satu destinasi wisata di Bali (Foto: Unsplash/Marvin Meyer)

Balimemo.com - Bali menjadi salah satu primadona destinasi liburan bagi berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara. Spot wisata di Bali seakan taman bunga tanpa ujung yang selalu menawarkan berbagai keindahan dan daya tarik untuk dieksplorasi lebih jauh.

Namun perlu diperhatikan juga mengenai topografi serta keadaan sosial yang ada di Bali, sehingga ketika berlibur ke Pulau Dewata, julukan bagi Pulau Bali, persiapan kamu menjadi lebih matang dan dapat menghargai adat dan tradisi yang ada di Bali.

Selain itu siapkan dan sesuaikan tujuan liburan kamu di Bali dengan kondisi keuanganmu.

Untuk itu, berikut 5 tips berlibur ke Bali bagi pemula versi Balimemo.com:

1. Siapkan Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan merupakan satu hal substansial dalam melakukan kegiatan apapun. Termasuk juga berlibur, karenanya kamu perlu menyiapkan rencana liburan ke Bali, yang misalnya meliputi, lokasi apa saja yang akan dikunjungi, berapa estimasi biaya selama mengunjungi Bali.

Untuk informasi awal, kamu bisa mengakses laman Dinas Pariwisata Bali untuk mengumpulkan informasi, sehingga kamu bisa mendapatkan referensi mengenai pilihan wisata yang ada di Bali.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bali ialah antara bulan April hingga Oktober, sebab di bulan-bulan tersebut, musim kemarau sedang berlangsung. Cuaca di periode ini lebih cerah dan cocok untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

Selain itu, hindari untuk berlibur di akhir tahuhn atau musim libur sekolah, karena di masa tersebut, harga saat periode libur sekolah cenderung lebih tinggi serta tempat wisata menjadi lebih ramai.

3. Gunakan Transportasi Umum atau Sewa Kendaraan

Akomodasi termasuk poin penting yang harus diperhatikan saat liburan, akan lebih mudah jika kamu membawa kendaraanmu sendiri. Namun jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa memanfaatkan kendaraan umum yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa kendaraan yang dapat kamu jumpai di berbagai tempat di Bali. Sehingga kamu tidak perlu menggunakan jasa taxi yang harganya relatif lebih mahal.

4. Pesan Tiket dan Hotel dari Jauh Hari

Tips keempat ini juga perlu kamu perhatikan, sebab menjelang liburan, biasanya harga tiket pesawat bisa melonjak tinggi, untuk itu, kamu bisa memesan tiket dan booking hotel dari jauh hari, untuk menghindari harga yang mahal.

5. Patuhi Adat Istiadat Setempat

Setiap daerah pasti memiliki kebiasaan, adat dan istiadat yang dijunjung oleh masyarakatnya, untuk itu kamu harus memegang prinsip tersebut. Bali memang menjadi tempat dengan wisata alam yang menakjubkan, namun perlu diingat bahwa Bali juga terkenal sebagai tempat dengan spiritualitas yang tinggi.

Jika kamu mengunjungi pura suci, kenakanlah pakaian yang sopan dan tertutup, serta bersikap sopan santun serta hargai budaya setempat.

TAGS : Tips Liburan Bali




TERPOPULER :