Jum'at, 20/09/2024 06:59 WIB

5 Nama Rumah Adat Bali Beserta Fungsi dan Keunikannya

Berikut 5 nama rumah adat Bali beserta fungsi dan keunikannya

Rumah adat Bali (Foto: Dok. Dinas Kebudayaan Buleleng)

Balimemo.com - Setiap daerah sudah barang pasti memiliki ciri serta keunikannya masing-masing, tak terkecuali Bali alias Pulau Dewata.

Ciri khas suatu daerah bisa dilihat dari sisi kebudayaan, tradisi, dan juga corak arsitektur. Dalam hal ini, hampir setiap wilayah memiliki rumah adat yang menyimpan identitas dan corak budaya masing-masing.

Rumah adat di Bali memiliki ciri khas yang cukup unik, yaitu mengangkat konsep sosial, sehingga dengan begitu akan tetbentuk interakasi sosial antar masyarakat yang cukup kental.

Berikut 5 nama rumah adat Bali beserta fungsi dan keunikannya:

1. Angkul-angkul

Salah satu ciri Angkul-angkul ialah memiliki atap penghubung yang terbuat dari rumput kering, namun seiring dengan perkembangan zaman, kini banyak masyarakat Bali yang menggantinya dengan genteng.

Angkul-angkul terletak di depan bangunan rumah yang difungsikan sebagai pintu masuk. Bentuknya seperti Candi Bentar.

2. Aling-aling

Aling-aling merupakan bagian dari rumah adat Bali yang difungsikan sebagai pembatas antara bagian luar dan angkul-angkul.

Aling-aling memiliki makna energi positif dan baik untuk keharmonisan rumah tangga. Ciri dari rumah adat ini ialah terdapat dinding pembatas berupa batur yang sering disebut sebagai penyeker.

Selain itu, Aling-aling juga acap kali digunakan sebagai tempat ibadah serta Aling-aling identik sebagai privasi pemilik rumah.

3. Bale Manten

Nama rumah adat Bali selanjutnya ialah Bale Manten. Bale manten merupakan bagian rumah yang difungsikan untuk kepala keluarga atau anak perempuan yang belum menikah. Tujuannya guna menjaga kesucian ana gadis dalam keluarga.

4. Bale Dauh

Bale Dauh berfungsi untuk menerima tamu yang umumnya berada di bagian barat rumah utama. Selain itu, Bale Dauh uga difungsikan sebagai tempat tidur bagi anak remaja laki-laki.

5. Klumpu Jineng

Klumpu Jineng merupakan bagian dari rumah adat Bali yang biasanya difungsikan sebagai lumbung padi. Bagian rumah ini memiliki struktur bangunan mirip rumah panggung dengan dinding serta atap yang terbuat dari jerami kering.

TAGS : Rumah Adat Adat Bali Pulau Dewata




TERPOPULER :