Jum'at, 20/09/2024 07:05 WIB

Mengenang I Gusti Ngurah Rai Merebut Kemerdekaan Indonesia

I Gusti Ngurah Rai, pahlawan dari Bali dengan gagah berani memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

Foto pahlawan nasional I Gusti Ngurai Rai disematkan dalam mata uang Indonesia

Balimemo.com – I Gusti Ngurah Rai, pahlawan dari Bali dengan gagah berani memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebab itu, Bali bagian yang tak terpisahkan dari sejarah panjang perjuangan bangsa.

I Gusti Ngurah Rai lahir pada 30 Januari 1917 di Desa Carangsari, Badung, Bali. Dia dikenal sebagai pahlawan nasional Indonesia yang memimpin perlawanan rakyat Bali melawan Belanda pada masa revolusi kemerdekaan.

Pemuda gagah dan berani ini memimpin pasukan militer yang dikenal sebagai Tentara Republik Indonesia (TRI) Sunda Kecil, yang kemudian dikenal sebagai Resimen Sunda Kecil.

Salah satu pertempuran paling heroik yang ia pimpin adalah Puputan Margarana pada 20 November 1946, di mana ia dan pasukannya melakukan perlawanan habis-habisan melawan pasukan Belanda yang jauh lebih besar.

Meskipun akhirnya gugur dalam pertempuran ini, semangat perjuangannya menginspirasi banyak pejuang lainnya di Bali dan seluruh Indonesia.

Atas jasa-jasanya, I Gusti Ngurah Rai dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah Indonesia. Namanya diabadikan sebagai nama bandara internasional di Bali, Bandara Internasional Ngurah Rai.

TAGS : I Gusti Ngurah Rai Pahlawan Bali




TERPOPULER :