Kamis, 19/09/2024 23:19 WIB

Asal Usul Nama Tabanan Bali

Berikut salah satu cerita asal usul nama Tabanan

Tanah Lot, salah satu destinasi wisata di Tabanan (Foto: Unsplash/Nick Fewings)

Balimemo.com - Nama "Tabanan" yang digunakan sebagai nama kabupaten di Bali memiliki beberapa versi asal usul. Salah satu cerita yang cukup populer di masyarakat adalah sebagai berikut:

Legenda Arya Kenceng

Tabanan dikaitkan dengan kedatangan seorang tokoh bernama Arya Kenceng, seorang panglima perang dari Majapahit yang diutus oleh Raja Majapahit untuk menaklukkan Bali pada abad ke-14. Setelah berhasil menaklukkan Bali, Arya Kenceng diberikan wilayah di daerah yang sekarang dikenal sebagai Tabanan.

Konon, Arya Kenceng dan keturunannya membangun pemerintahan di daerah ini, yang akhirnya berkembang menjadi kerajaan Tabanan. Nama "Tabanan" sendiri diyakini berasal dari kata "tabang" atau "tabanan," yang dalam bahasa Bali bisa diartikan sebagai "terbang" atau "berpindah tempat," merujuk pada perjalanan Arya Kenceng dari Jawa ke Bali.

Asal Usul Nama "Tabanan"

Ada juga versi yang mengatakan bahwa nama "Tabanan" berasal dari kata "Tabuh" yang artinya memukul, dan "Anan" yang artinya tidak pernah. Gabungan kata ini bisa diartikan sebagai wilayah yang tidak pernah terkalahkan atau wilayah yang selalu bertahan. Ini merujuk pada keberanian dan kekuatan para pemimpin dan masyarakat di wilayah ini dalam menghadapi berbagai tantangan.

Sejarah Kerajaan Tabanan

Selain legenda, secara historis, Tabanan memang dikenal sebagai salah satu kerajaan di Bali yang memiliki kekuatan militer yang kuat. Kerajaan ini mengalami masa kejayaan pada abad ke-16 hingga abad ke-19 sebelum akhirnya masuk ke dalam wilayah Hindia Belanda pada awal abad ke-20.

Nama Tabanan kemudian digunakan untuk menyebut kabupaten di Bali yang sekarang dikenal dengan pusat pemerintahan di kota Tabanan.

TAGS : Tabanan Sejarah Bali Legenda Arya Kenceng




TERPOPULER :