Kamis, 19/09/2024 08:18 WIB

Legenda Pura Luhur Lempuyang

Pura Luhur Lempuyang, adalah perpaduan antara keindahan alam, warisan budaya, dan spiritualitas Bali

Pura Lempuyang Luhur (Foto: Unsplash/Priyank Pathak)

Balimemo.com - Pura Luhur Lempuyang, adalah perpaduan antara keindahan alam, warisan budaya, dan spiritualitas Bali. Dibalik keindahan alamnya, tersimpan sejarah bagi masyarakat Pulau Dewata.

Pura Luhur Lempuyang terletak di puncak Gunung Lempuyang di Kabupaten Karangasem, Bali. Dengan latar belakang Gunung Agung yang mempesona. Siapapun yang memandang akan terpikat akan keelokan alamnya.

Pura Luhur Lempuyang diyakini sebagai salah satu pura tertua di Bali dan merupakan bagian dari Sad Kahyangan Jagad, yaitu enam pura utama yang dianggap sebagai pilar spiritual Bali. Sad Kahyangan Jagad ini didirikan untuk menjaga keseimbangan dan harmoni spiritual di pulau Bali.

Legenda mengatakan bahwa pura ini dibangun sebagai tempat pemujaan Hyang Gni Jaya (Dewa Gunung) oleh Dang Hyang Dwijendra, seorang pendeta Hindu yang sangat berpengaruh dalam menyebarkan agama Hindu di Bali. Pendirian pura ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan spiritual antara Bali dan dewa-dewa di Gunung Agung.

Pura Luhur Lempuyang juga dianggap sebagai pusat energi spiritual. Banyak umat Hindu di Bali yang percaya bahwa beribadah di pura ini dapat memberikan berkah dan kedamaian batin.

Untuk mencapai puncak pura, para pengunjung dan peziarah harus mendaki ratusan anak tangga, yang dianggap sebagai bagian dari proses spiritual untuk mencapai kedekatan dengan yang ilahi.

TAGS : Legenda Pura Luhur Lempuyang Sejarah




TERPOPULER :