Kamis, 19/09/2024 12:33 WIB

Mengapa Warna Pasir Pantai di Bali Beragam? Ini Penjelasannya

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa tidak semua pantai di Bali memiliki pasir berwarna putih?

Pesona Pantai Sanur (Foto: Unsplash/Viar Suganda)

Balimemo.com - Sebagai destinasi alam nomor satu di dunia, Bali merupakan magnet bagi wisatawan domestik dan asing. Di antara berbagai jenis spot wisata, tentu pantai dengan pasir putihnya yang menawan memiliki daya pikat yang luar biasa.

Di Bali, masing-masing pantai mempunyai ciri khas, mulai dari tempat menyaksikan matahari terbit (sunrise), matahari terbenam (sunset), menikmati kuliner, hingga tempat berselancar.

Namun, pernahkah kamu memperhatikan bahwa tidak semua pantai di Bali memiliki pasir berwarna putih? Di beberapa tempat antara lain Pantai Lovina dan Pantai Kelingkung, pasir pantainya justru berwarna hitam, namun tetap menarik wisatawan untuk datang.

Perbedaan di antara kedua warna pasir ini terletak pada prosesnya pada zaman dahulu. Pasir putih umumnya terbentuk dari batuan karang yang telah mengalami proses pelapukan dan abrasi oleh gelombang laut.

Pasir putih juga menciptakan suasana yang menenangkan dan sempurna untuk berjemur, berenang, atau hanya sekadar menikmati pemandangan laut biru kehijauan yang cenderung jernih. Tak jarang, di sekitar pantai pantai berpasir putih dipenuhi oleh hotel maupun resort mewah.

Beberapa pantai berpasir putih yang terkenal yakni Pantai Pandawa dengan tebing-tebing kapurnya yang ikonik. Demikian pula dengan Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, dan Pantai Sanur yang ramah untuk liburan keluarga.

Pantai berpasir hitam tak kalah menarik. Pasir hitam terbentuk dari batuan vulkanik yang mengandung mineral besi. Fenomena ini tak terlepas dari adanya Gunung Agung yang masih berstatus aktif.

Secara visual, pasir hitam lebih halus daripada pasir putih. Karena mengandung mineral besi, pasir ini juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Meski demikian, tidak disarankan berjalan-jalan di atas pasir hitam saat siang hari, karena suhunya cenderung lebih panas daripada pasir putih.

Selain Pantai Lovina dan Pantai Kelingking yang terkenal, pantai pasir hitam lainnya yang sering didatangi wisatawan ialah Pantai Medewi di Kabupaten Jembrana. Destinasi ini cukup populer karena memiliki ombak yang cukup tinggi untuk aktivitas berselancar.

Sebab, pantai pasir putih lebih memikat wisatawan, maka pantai pasir hitam bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menikmati liburan yang damai dan jauh dari keramaian. Juga, cocok bagi para pekerja jarak jauh yang membutuhkan ketenangan ekstra.

TAGS : Pantai Pasir Putih Wisata Bali Proses Vulkanik




TERPOPULER :