Jum'at, 20/09/2024 05:04 WIB

Ternyata Ini Hotel Paling Disukai Wisatawan di Bali

Di Bali, kamu dapat dengan mudah menjumpai hotel, vila, hingga homestay untuk menginap selama berlibur atau tugas bekerja.

Pemandangan FuramaXclusive Resort and Villas Ubud (Foto: Dok. FuramaXclusive)

Balimemo.com - Fasilitas penginapan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Pulau Bali sebagai destinasi pariwisata favorit di dunia. Di Pulau Dewata, kamu dapat dengan mudah menjumpai hotel, vila, hingga homestay untuk menginap selama berlibur atau tugas bekerja.

Karena itu, tak heran Bali menempati urutan ke-2 hotel terbanyak di Indonesia saat ini, dengan jumlah mencapai 541 hotel bintang satu hingga bintang lima di sembilan kabupaten/kota Bali. Bali hanya kalah dari Jawa Barat yang memiliki total 598 hotel.

Dari lima kelas hotel yang ada di Bali saat ini, ternyata hotel berbintang lima masih menjadi favorit wisatawan domestik dan asing, menurut data Badan Pusat Statistik yang dirilis pada awal September ini.

Per Juli 2024, tingkat hunian kamar (okupansi) di hotel berbintang lima secara keseluruhan mencapai 73,82 persen. Jumlah ini jauh lebih tinggi daripada kelas yang ada di bawahnya.

Sebagai contoh, hotel bintang empat mencatatkan okupansi 68,96 persen, hotel bintang tiga 63,63 persen, hotel bintang dua 61,83 persen, dan hotel bintang satu 60,45 persen.

Kendati demikian, secara umum okupansi hotel di semua kelas menunjukkan kenaikan dengan rata-rata 68,78 persen sepanjang Juli 2024, meningkat tiga poin dari Juni sebesar 65,78 persen. Artinya, jumlah wisatawan yang datang ke Bali pada pertengahan tahun ini terus meningkat.

Melihat statistik ini, maka tak ada salahnya kamu melakukan pemesanan hotel lebih awal apabila ingin berlibur ke Bali tahun ini, terutama jika ingin menginap di hotel bintang lima.

Selain mengamankan slot kamar, memesan hotel jauh-jauh hari juga menguntungkan karena kamu bisa memanfaatkan berbagai diskon yang diberikan oleh hotel.

TAGS : Hotel Bintang Lima Penginapan di Bali Statistik BPS




TERPOPULER :