Kamis, 19/09/2024 07:18 WIB

Jenis dan Fungsi Udeng Bali

Udeng menjadi bagian dari pakaian sehari-hari yang dipakai oleh pria saat mereka bekerja, bersosialisasi, atau bahkan dalam acara-acara formal

Tradisi Ngaben Ngerit pemakaman raja-raja Bali (Foto: Antara)

Balimemo.com - Udeng tidak hanya dipakai dalam upacara keagamaan atau acara resmi, pria Bali juga sering mengenakan udeng dalam kehidupan sehari-hari, terutama di desa-desa tradisional. Ternyata, udeng mempunyai beberapa jenis dan fungsinya masing-masing.

Di beberapa daerah di Bali, udeng menjadi bagian dari pakaian sehari-hari yang dipakai oleh pria saat mereka bekerja, bersosialisasi, atau bahkan dalam acara-acara formal.

Terdapat berbagai jenis udeng yang dipakai oleh pria Bali, masing-masing dengan makna dan fungsi yang berbeda:

Udeng Putih

Udeng berwarna putih biasanya dipakai saat menghadiri upacara keagamaan atau sembahyang di pura. Warna putih melambangkan kesucian dan kebersihan pikiran.

Udeng Polos atau Bermotif

Udeng dengan motif atau pola tertentu biasanya dipakai dalam acara-acara adat atau kegiatan sehari-hari. Bentuk dan motif udeng bisa bervariasi tergantung pada konteks acara dan status sosial pemakainya.

Udeng Khusus Pendeta (Pemangku)

Para pendeta Hindu di Bali biasanya memakai udeng dengan gaya yang lebih rumit dan melambangkan status mereka sebagai pemuka agama.

TAGS : Jenis Fungsi Udeng Bali




TERPOPULER :