Jum'at, 20/09/2024 04:55 WIB

Tak Cuma Leak, Ini 5 Makhluk Mitologi Bali yang Melegenda

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, leak mampu berubah bentuk, terbang, hingga menghisap darah manusia

Barong dianggap sebagai musuh bagi Rangda, ratu pemilik ilmu hitam yang erat kaitannya dengan mitos leak (Foto: Unsplash/Peter George)

Balimemo.com - Leak merupakan makhluk mitologi asal Bali yang paling terkenal. Digambarkan sebagai penyihir dengan kekuatan magis, leak kerap kali dikaitkan dengan ilmu hitam.

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, leak mampu berubah bentuk, terbang, hingga menghisap darah manusia. Karena itu, makhluk mitologi ini dianggap jahat dan sosook berbahaya.

Namun, rupanya Bali tak cuma memiliki leak. Terdapat lima makhluk mitologi lainnya yang juga masih melegenda hingga saat ini.

Berikut ini lima makhluk mitologi Bali selain leak sebagaimana dirangkum Balimemo.com:

1. Barong

Barong cukup populer di Bali dan mudah ditemui dalam acara keagamaan maupun pertunjukan tari-tarian Bali. Meski berwujud menyeramkan, barong dianggap sebagai pemimpin pasukan kebaikan, juga sosok pelindung spiritual bagi masyarakat Bali.

2. Batara Kala

Batara kala merupakan sosok raksasa berwajah seram. Makhluk mitologi ini disebut-sebut sebagai putra dari Dewa Siwa dan bertugas menjadi dewa waktu. Batara Kala menjadi simbol hukum karma dan dipercaya akan datang menjemput ketika waktu seseorang di dunia telah habis.

3. Rangda

Dalam sebuah pagelaran, rangda merupakan musuh dari barong. Jika barong dinilai sebagai simbol kebaikan, maka rangda sebaliknya. Makhluk mitologi ini dipercaya sebagai ratu para leak sekaligus pemimpin pasukan kejahatan.

4. Memedi

Memedi merupakan makhluk mitologi yang konon menyukai anak-anak. Makhluk ini akan mendekati anak-anak lalu menyembunyikan mereka agar tidak ditemukan. Memedi sering kali mendiami semak-semak, pepohonan, atau batu besar.

5. Garuda

Garuda digambarkan sebagai makhluk yang mampu terbang dengan kepala berbentuk burung, namun tubuh seperti manusia berukuran raksasa. Dalam kepercayaan masyarakat, garuda dengan tubuhnya yang berwarna keemasan, digunakan oleh Dewa Wishnu.

TAGS : Makhluk Mitologi Leak Tradisi Bali




TERPOPULER :