Senin, 30/09/2024 23:23 WIB

Mencicipi Nasi Tepeng, Kuliner Pedas Khas Gianyar Bali

Nasi tepeng cukup populer di Gianyar. Kuliner yang juga dikenal dengan sebutan sego tempong ini memiliki cita rasa gurih dan pedas

Nasi Tepeng khas Gianyar, Bali (Foto: Wisata Kuliner Khas Indonesia)

Balimemo.com - Datang ke Bali tak lengkap rasanya bila tak mencoba wisata kuliner. Sebab, Pulau Dewata menyimpan begitu banyak kuliner lokal, yang sayang dilewatkan karena memiliki cita rasa yang lezat dan khas.

Salah satu di antaranya ialah Nasi Tepeng, kuliner lokal yang bisa kamu temui jika pergi ke Kabupaten Gianyar. Pusat kota Gianyar berlokasi 40 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali atau 1,5 jam perjalanan.

Nasi tepeng cukup populer di Gianyar. Kuliner yang juga dikenal dengan sebutan sego tempong ini memiliki cita rasa gurih dan pedas, sehingga ini bisa menjadi pilihan bagi kamu penyuka makanan pedas.

Yang membuat nasi tepeng unik ialah tekstur nasi yang cukup lembek dan agak mirip bubur. Nasi, rasa gurihnya dijamin membuat kamu gagal `move on` karena dibuat dengan memadukan beras dengan santan dan daun salam.

Kombinasi lauk pauk nasi tepeng cukup lengkap. Mulai dari kacang panjang, daun kelor, kacang merah, sayur nangka muda, hingga kelapa parut atau srundeng bakal menghadirkan sensasi tiada tara saat masuk ke dalam mulut.

Apalagi, penjual nasi tepeng biasanya menggunakan daun pisang sebagai alas pembungkus, menambah sentuhan tradisional yang khas ketika disantap sebagai sarapan di pagi hari.

Tak perlu merogoh kocek terlalu mahal untuk seporsi nasi tepeng, cukup Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati kuliner nikmat ini. Di Gianyar, biasanya penjual menjajakan nasi tepeng di Pasar Senggol Gianyar dan Pasar Pagi Sukowati.

TAGS : Nasi Tepeng Kuliner Bali Kabupaten Gianyar




TERPOPULER :