Senin, 07/10/2024 15:15 WIB

Tips Liburan Asik ke Bali: Budget, Penginapan, dan Kuliner

Bagi kamu yang berencana berlibur ke Pulau Bali, berikut beberapa tips yang bisa disimak untuk menambah keseruan perjalanan!

Panorama alam di Bali (Foto: Unsplash/Harry Kessell)

Balimemo.com - Pulau Bali memang sudah menjadi destinasi hits bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Pulau yang dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura ini memiliki keindahan alam yang mempesona dan budayanya yang unik.

Selain itu, aktivitas wisata yang ditawarkan juga tidak kalah menarik. Bagi kamu yang berencana berlibur ke Pulau Bali, berikut beberapa tips yang bisa disimak untuk menambah keseruan perjalanan!

1. Rencanakan Timing yang Pas

Bali terletak di negara tropis yang cocok dikunjungi sepanjang tahun. Namun, jangan lupa, Bali juga memiliki musim hujan yang berlangsung pada Oktober hingga Maret.

Jika kamu ingin menikmati pantai dengan cuaca yang mendukung lebih baik mengunjungi pulau ini pada April sampai Oktober. Pada bulan-bulan ini, cuaca dan ombak lebih bersahabat untuk berselancar, serta cahaya matahari bersinar sempurna untuk cocok untuk kamu yang ingin tanning (berjemur).

2. Cari Penginapan Sesuai Budget

Pulau Seribu Pura, Bali, memiliki pilihan yang beragam dalam akomodasi, mulai dari homestay yang murah hingga villa yang mewah. Jika kamu menyukai suasana tenang dan relaksasi bisa memilih daerah Ubud dan Nusa Dua.

Namun, jika kamu menyukai tempat yang berdekatan dengan pantai dan hiburan malam, Kuta, Legian, Seminyak, dan Uluwatu menjadi pilihan yang tepat. Daerah-daerah ini memiliki suasana yang lebih ramai dan cocok untuk Gen-Z.

3. Pilih Transportasi yang Sesuai

Ketersediaan transportasi umum di Bali tidak banyak seperti di kota-kota besar. Menyewa kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor, atau menggunakan aplikasi ojek online bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, kalau kamu belum terbiasa dan ingin lebih praktis bisa menyewa mobil beserta sopirnya. Ini menjadi opsi yang paling aman bagi kamu, terlebih lagi kamu juga bisa membantu mereka untuk menambah pemasukan.

4. Kenali Kebiasaan Lokal Setempat

Bali adalah pulau yang kaya akan tradisi dan nilai sosial budaya yang kuat, sehingga menghormati kebiasaan lokal menjadi hal penting yang gak boleh dilupakan. Jika kamu berniat mengunjungi pura, pastikan kamu berpakaian sopan dan menggunakan kamen atau kain adat Bali. Selain itu, perlu juga untuk menjaga sikap dan menghargai masyarakat setempat, terlebih lagi ketika ada upacara keagamaan.

5. Mencicipi Kuliner Lokal

Pulau Dewata terkenal dengan kuliner khasnya, seperti olahan babi guling dan ayam betutunya. Jangan lewatkan untuk mencicipi sate lilitnya juga. Untuk kamu yang menyukai rasa dan olahan makanan yang unik, terdapat banyak tempat makan yang menyajikan makanan tradisional dengan rasa yang telah disesuaikan.

Namun, apabila kamu mencari pengalaman kuliner yang autentik, cobalah mampir ke pasar lokal di pagi hari untuk mencicipi jajanan Bali. Jangan takut terkena Bali Belly dan cobalah kuliner lokal tersebut.

6. Jaga Lingkungan dan Alam Sekitar

Keindahan alam Pulau Seribu Pura perlu dijaga bersama agar tidak rusak. Bagi kamu yang sedang dan akan berlibur ke sana, hindari membuang sampah sembarangan, terutama di pantai dan tempat wisata alam lainnya.

Lalu, jangan lupa untuk membawa tas belanja dan botol minum pribadi. Selain karena banyak daerah di Bali yang memberlakukan aturan bebas plastik, tetapi, juga sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan untuk mengurangi sampah plastik.

Dengan planning (perencanaan) yang matang, maka liburan ke Bali tidak akan menjadi tantangan buat kamu. Pengalaman seru yang tidak terlupakan akan hadir untuk kamu. Nikmatilah setiap momen yang tercipta. Enjoy your trip! (Erynn Tiurma Christabelle Sitanggang/Int)

TAGS : Tips Liburan Wisata Bali Budget Perjalanan




TERPOPULER :