Senin, 07/10/2024 19:30 WIB

Ini Satu-satunya Perguruan Tinggi Terakreditasi Unggul di Bali

Di Bali, kamu dapat menemukan beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dengan beragam akreditasi

Gedung Rektorat Universitas Udayana (Foto: Doknet)

Balimemo.com - Perguruan tinggi yang berkualitas menjadi salah satu faktor untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi. Dan saat ini, kualitas kampus dapat dilihat dari akreditasi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Namun, jangan salah, akreditasi yang diberikan kepada lembaga perguruan tinggi dan program studi (prodi) tidaklah sama. Adakalanya sebuah perguruan tinggi mendapatkan akreditasi yang baik, sedangkan prodi kampus tersebut memiliki akreditasi yang lebih rendah. Begitu pula sebaliknya.

Di Bali, kamu dapat menemukan beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dengan beragam akreditasi, mulai dari unggul, baik sekali, baik, hingga tidak terakreditasi. Ini merupakan skema baru akreditasi dari sebelumnya kategorisasi peringkat A, B, C, dan terdaftar.

Namun, satu-satunya perguruan tinggi yang terakreditasi unggul di Bali saat ini dipegang oleh Universitas Udayana (Unud). Menurut SK per 10 Mei 2022, kampus yang berlokasi di Jimbaran itu meraih akreditasi unggul secara kelembagaan. Beberapa prodi di Unud juga memiliki peringkat akreditasi yang sama.

Di antaranya prodi Unud yang memiliki akreditasi unggul antara lain: Prodi Arsitektur, Prodi Industri Perjalanan Wisata, Prodi Teknik Elektro, Prodi Arkeologi, Prodi Ilmu Kelautan, Prodi Destinasi Pariwisata, dan Prodi Teknik Sipil.

Juga, Prodi Agroekoteknologi, Prodi Peternakan, Prodi Agribisnis, Prodi Teknologi Informasi, Prodi Pendidikan Dokter, Prodi Teknik Mesin, Prodi Kesehatan Masyarakat, Prodi Farmasi, Prodi Biologi, Prodi Ekonomi Pembangunan, dan Prodi Sastra Inggris.

Ada sejumlah alasan kamu wajib mempertimbangkan akreditasi perguruan tinggi dan prodi sebelum mendaftar. Sebab, akreditasi menjadi tolok ukur jaminan mutu, kompetensi dosen, fasilitas yang memadai, jaringan alumni yang kuat, serta peluang untuk berkembang.

Dan dengan memilih perguruan tinggi yang berkualitas, kamu tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan yang mendalam, tetapi juga membuka peluang yang lebih luas untuk meraih kesuksesan di masa depan.

TAGS : Universitas Udayana Perguruan Tinggi Negeri Kampus Bali Akreditasi Unggul




TERPOPULER :