Senin, 07/10/2024 19:32 WIB

7 Kosakata Bahasa Bali Ini Sudah Masuk KBBI

Berikut ini tujuh kosakata bahasa Bali yang sudah masuk dalam KBBI sebagaimana dirangkum Balimemo.com

Ilustrasi kamus bahasa (Foto: Unsplash/Emmanuel Ikwuegbu)

Balimemo.com - Bali tidak hanya memiliki kekayaan destinasi wisata dan budaya. Dari segi linguistik, sejumlah kosakata bahasa Bali berhasil menembus Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), guna mewarnai khazanah kosakata bahasa Indonesia.

Selain memperkaya kosakata bahasa Indonesia, masuknya sejumlah kosakata bahasa Bali dalam KBBI juga meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap bahasa dan budaya Bali.

Adapun tujuh kosakata bahasa Bali yang sudah masuk dalam KBBI ialah:

1. Canang

Istilah ini banyak digunakan oleh masyarakat Bali untuk menyebut baki kecil berisi bunga, yang dipersembahkan umat Hindu di Bali dalam berbagai upacara keagamaan, termasuk sembahyang sehari-hari.

2. Lawar

Dari dunia kuliner, Bali memiliki lawar, makanan khas yang terbuat dari daging cincang, parutan kelapa, dan bumbu khas. Istilah ini sudah tersedia di KBBI.

3. Penjor

Penjor adalah tiang bambu yang dihiasi dengan janur dan daun kelapa, yang dipasang pada saat Hari Raya Galungan.

4. Subak

Pertanian Bali tidak bisa dilepaskan dari istilah subak. Subak adalah sistem irigasi tradisional yang mengatur pembagian air di antara sawah-sawah.

5. Ogoh-ogoh

Lema ini populer di Indonesia. Ogoh-ogoh merupakan patung raksasa yang dibuat dalam rangkaian perayaan Nyepi di Bali, dan biasanya ditampilkan dalam pawai sebelum Hari Raya Nyepi.

6. Sate Lilit

Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari daging yang dililitkan pada batang serah atau tusuk bambu.

7. Kecak

Kecak adalah salah satu tarian yang paling populer di Bali. Tarian tradisional ini diiringi oleh nyanyian para penari yang duduk melingkar dan membunyikan suara `cak` berirama.

TAGS : Kosakata KBBI Bahasa Bali Istilah Unik Penjor Canang




TERPOPULER :