Jum'at, 18/10/2024 15:53 WIB

Semarang ke Bali via Darat: Opsi Transportasi dan Estimasi Biaya

Ada banyak cara untuk pergi ke Bali. Bagi kamu yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah, selain naik pesawat, jalur darat menjadi opsi paling menarik.

Tol Trans Jawa (Foto: Dok. Kemenhub)

Balimemo.com - Ada banyak cara untuk pergi ke Bali. Bagi kamu yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah, selain naik pesawat, jalur darat menjadi opsi paling menarik.

Ada banyak kelebihan menempuh perjalanan darat dari Semarang ke Bali. Salah satunya, kamu bisa memperoleh pengalaman menjajal beraneka ragam kuliner di sepanjang perjalanan, serta menikmati pemandangan yang berbeda.

Semarang dan Denpasar, Bali berjarak sekitar 750 kilometer. Ada beberapa perbedaan biaya ketika kamu memutuskan menggunakan jenis transportasi yang berbeda, khususnya kendaraan pribadi.

1. Kendaraan Pribadi

Jika menggunakan mobil pribadi, estimasi perjalanan akan memakan waktu hingga 13-15 jam, tergantung pada kecepatan dan seberapa sering kamu beristirahat di rest area.

Jika rata-rata konsumsi bahan bakar sebesar 13 kilometer per liter dan mengonsumsi BBM jenis Pertalite, maka biaya yang harus keluarkan senilai Rp576 ribu untuk satu kali perjalanan.

Adapun sepanjang Semarang hingga Denpasar, kamu setidaknya bakal melewati jalan tol mulai dari ruas Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya, Surabaya-Pasuruan, dan Pasuruan-Probolinggo Timur. Tarifnya sebesar Rp444.000.

Sebelum tiba di Bali, kamu harus menempuh perjalanan laut selama 45 menit hingga satu jam, dimulai dari Pelabuhan Ketapang dan berakhir di Pelabuhan Gilimanuk. Untuk kendaraan golongan IV A, tarifnya Rp213.400 yang dihitung untuk semua jumlah penumpang.

2. Bus Semarang-Denpasar

Alternatif bagi yang tidak ingin membawa kendaraan pribadi ialah menggunakan bus. Bus eksekutif dengan fasilitas AC, reclining seat, dan toilet biasanya mematok harga sekitar Rp400.000-Rp 500.000 per orang. Keuntungan menggunakan moda transportasi ini ialah kamu hanya perlu duduk manis untuk tiba di Bali.

3. Kereta Api

Selain bus, perjalanan ke Bali dari Semarang juga bisa menggunakan moda transportasi kereta api. Saat ini, sudah ada kereta api Blambangan Expres langsung dari Stasiun Semarang Tawang menuju Stasiun Ketapang, Banyuwangi yang dibanderol dengan harga Rp405.000 untuk kelas ekonomi dan Rp560.000 untuk kelas eksekutif.

Perjalanan darat dari Semarang ke Bali memang memakan waktu yang cukup lama, namun bagi kamu yang menyukai petualangan, rute ini menawarkan pemandangan indah, pengalaman yang kaya, serta kesempatan untuk menikmati berbagai daerah di Jawa Timur sebelum tiba di Bali.

TAGS : Jalur Darat ke Bali Rekomendasi Transportasi Semarang




TERPOPULER :